Evaluasi Terhadap Rencana Pembangunan Jembatan Kereta Api Bangunan Hikmat Pada Jalur Ganda Lintas Citayam – Nambo Dengan Mengacu Pada Bangunan Hikmat No. 11 Di Km 40+526

Puri Dian Kurnia, Puri and GADANG ENDRAYANTO, GADANG ENDRAYANTO and THERESIA FAJAR PURBOSARI, THERESIA FAJAR PURBOSARI (2024) Evaluasi Terhadap Rencana Pembangunan Jembatan Kereta Api Bangunan Hikmat Pada Jalur Ganda Lintas Citayam – Nambo Dengan Mengacu Pada Bangunan Hikmat No. 11 Di Km 40+526. Evaluasi Terhadap Rencana Pembangunan Jembatan Kereta Api Bangunan Hikmat Pada Jalur Ganda Lintas Citayam – Nambo Dengan Mengacu Pada Bangunan Hikmat No. 11 Di Km 40+526. pp. 1-8. (Submitted)

[img] Text
Rev Baru_Evaluasi Terhadap Rencana Pembangunan Jembatan Kereta Api Bangunan Hikmat Pada Jalur Ganda Lintas Citayam – Nambo Dengan Mengacu Pada Bangunan Hikmat No. 11 Di Km 40+526_Jurnal.pdf

Download (469kB)

Abstract

Kereta api menjadi transportasi yang membantu mobilitas masyarakat Indonesia. Infrastruktur kereta api memiliki peran sebagai fasilitas penunjang dalam mengakomodasi kemudahan masyarakat untuk beraktifitas. Kesatuan sistem dalam moda kereta api sangat berperan dalam lancarnya perjalanan kereta api. Jembatan kereta api termasuk dalam jalan rel yang dimana merupakan satu kesatuan konstruksi yang mengarahkan jalannya kereta api. Kehandalan sebuah jembatan harus diperhatikan untuk menjamin keselamatan perjalanan kereta api. Dalam penelitian ini, penelitian menggunakan metode observasi (pengambilan foto) dan wawancara, serta pengambilan data didapat dengan studi kepustakaan. Perencanaan pembangunan jembatan di lintas Citayam–Nambo pada KM 40+526 tetap memperhatikan kondisi lingkungan wilayah kajian, kemudian dapat dilakukan penentuan pilar dan bentang dengan tetap memperhatikan aspek kekuatan dan stabilitas struktur serta parameter keamanan dan kenyamanan. Setelah itu, dilakukan penentuan material dengan memperhatikan parameter kemudahan dalam pelaksanaan dan perawatan secara efisien dalam ekonomi serta memperhatikan dampak lingkungan akibat dari pembangunan tersebut. Jembatan yang sesuai dengan kondisi lingkungan tersebut adalah jenis jembatan beton dengan tiga bentang serta dampak berupa suara bising yang akan ditimbulkan akibat pembangunan perlu didapatkan solusi bagi dampak tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kereta api, Jembatan, Pembangunan, Lingkungan.
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian
Depositing User: MTP 1 2024
Date Deposited: 06 Jan 2025 14:21
Last Modified: 06 Jan 2025 14:21
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8310

Actions (login required)

View Item View Item