Fikri, M. Tri Novan and Handoko, Wisnu and Hardjana, Hardjana (2024) EVALUASI PENGAWAKAN MINIMUM KAPAL ANGKUTAN PENYEBERANGAN LINTAS PADANG - KEPULAUAN MENTAWAI. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat - STTD.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
2. Halaman Depan.pdf Download (423kB) |
![]() |
Text
3.Lembar Persetujuan Dosbim.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
4.Lembar Pengesahan Dosbim.pdf Download (251kB) |
![]() |
Text
5. Lembar Pengesahan Dosji.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
6.Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
7.Pernyataan persetujuan publikasi.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
8.Kata pengantar.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
9. Abstraksi.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
10. Daftar Isi.pdf Download (511kB) |
![]() |
Text
11. Daftar Tabel.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
![]() |
Text
12. Daftar Gambar.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text
13. BAB I.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text
13. BAB II.pdf Download (844kB) |
![]() |
Text
14. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) |
![]() |
Text
15. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
![]() |
Text
16. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
17. BAB VI.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
18. Daftar Pustaka.pdf Download (267kB) |
Abstract
Penyebab kecelakaan kapal tertinggi adalah dikarenakan faktor manusia (human error). Manusia yang melakukan tugas di atas kapal disebut dengan awak kapal. Berdasarkan surat edaran Direktur Jenderal Perhubungan Darat tanggal 20 Maret 2023 Nomor : SE-DJPD 5 Tahun 2023 tentang Dokumen Keselamatan Pengawakan Minimum Kapal Angkutan Penyeberangan, bahwa aturan mengenai pengawakan minimum untuk kapal angkutan penyeberangan mengacu kepada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 26 Tahun 2022 tentang Pengawakan Kapal Niaga. Untuk mengetahui tingkat pemenuhan pengawakan minimum KMP. Ambu – Ambu dan KMP. Gambolo di Lintas Padang – Kepulauan Mentawai maka dilakukan perbandingan kondisi eksisting terhadap kondisi seharusnya sesuai aturan, serta dilakukan anlisa SWOT untuk mengetahui strategi pengawasannya. Berdasarkan hasil analisa dan data survei pada tanggal 26 Mei s.d 11 Juni 2024 bahwa jumlah dan jabatan awak, serta sertifikat awak kapal KMP. Ambu – Ambu dan KMP. Gambolo tidak ada yang memenuhi persyaratan pengawakan minimum dengan tingkat pemenuhan jumlah awak dan jabatan awak KMP. Ambu – Ambu sebesar 84% dan KMP. Gambolo sebesar 83%, serta tingkat pemenuhan sertifikat awak kapal KMP. Ambu – Ambu sebesar 69% dan KMP. Gambolo sebesar 61%. Berdasarkan hasil analisa SWOT didapatkan beberapa strategi agar pengawasan pengawakan minimum dapat berjalan dengan baik dan sesuai aturan, salah satunya yaitu dibuat Standar Operasional Prosedur seperti yang terlampir dalam tugas akhir ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengawakan, Minimum, Kapal |
Subjects: | K Law > K Law (General) V Naval Science > V Naval Science (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 15 2024 |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:05 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 02:05 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8334 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |