EVALUASI PENGAWAKAN MINIMUM KAPAL ANGKUTAN PENYEBERANGAN LINTAS PADANG - KEPULAUAN MENTAWAI

Fikri, M. Tri Novan and Handoko, Wisnu and Hardjana, Hardjana (2024) EVALUASI PENGAWAKAN MINIMUM KAPAL ANGKUTAN PENYEBERANGAN LINTAS PADANG - KEPULAUAN MENTAWAI. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat - STTD.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (290kB)
[img] Text
2. Halaman Depan.pdf

Download (423kB)
[img] Text
3.Lembar Persetujuan Dosbim.pdf

Download (251kB)
[img] Text
4.Lembar Pengesahan Dosbim.pdf

Download (251kB)
[img] Text
5. Lembar Pengesahan Dosji.pdf

Download (247kB)
[img] Text
6.Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (82kB)
[img] Text
7.Pernyataan persetujuan publikasi.pdf

Download (441kB)
[img] Text
8.Kata pengantar.pdf

Download (471kB)
[img] Text
9. Abstraksi.pdf

Download (319kB)
[img] Text
10. Daftar Isi.pdf

Download (511kB)
[img] Text
11. Daftar Tabel.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
12. Daftar Gambar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (844kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB VI.pdf

Download (497kB)
[img] Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penyebab kecelakaan kapal tertinggi adalah dikarenakan faktor manusia (human error). Manusia yang melakukan tugas di atas kapal disebut dengan awak kapal. Berdasarkan surat edaran Direktur Jenderal Perhubungan Darat tanggal 20 Maret 2023 Nomor : SE-DJPD 5 Tahun 2023 tentang Dokumen Keselamatan Pengawakan Minimum Kapal Angkutan Penyeberangan, bahwa aturan mengenai pengawakan minimum untuk kapal angkutan penyeberangan mengacu kepada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 26 Tahun 2022 tentang Pengawakan Kapal Niaga. Untuk mengetahui tingkat pemenuhan pengawakan minimum KMP. Ambu – Ambu dan KMP. Gambolo di Lintas Padang – Kepulauan Mentawai maka dilakukan perbandingan kondisi eksisting terhadap kondisi seharusnya sesuai aturan, serta dilakukan anlisa SWOT untuk mengetahui strategi pengawasannya. Berdasarkan hasil analisa dan data survei pada tanggal 26 Mei s.d 11 Juni 2024 bahwa jumlah dan jabatan awak, serta sertifikat awak kapal KMP. Ambu – Ambu dan KMP. Gambolo tidak ada yang memenuhi persyaratan pengawakan minimum dengan tingkat pemenuhan jumlah awak dan jabatan awak KMP. Ambu – Ambu sebesar 84% dan KMP. Gambolo sebesar 83%, serta tingkat pemenuhan sertifikat awak kapal KMP. Ambu – Ambu sebesar 69% dan KMP. Gambolo sebesar 61%. Berdasarkan hasil analisa SWOT didapatkan beberapa strategi agar pengawasan pengawakan minimum dapat berjalan dengan baik dan sesuai aturan, salah satunya yaitu dibuat Standar Operasional Prosedur seperti yang terlampir dalam tugas akhir ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengawakan, Minimum, Kapal
Subjects: K Law > K Law (General)
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 15 2024
Date Deposited: 17 Apr 2025 02:05
Last Modified: 17 Apr 2025 02:05
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8334

Actions (login required)

View Item View Item