ANALISIS KEBUTUHAN FASILITAS INTEGRASI ANTARMODA DI STASIUN MALANG KOTALAMA

BAIDHIA ZAHRA MADINI, BAIDHIA ZAHRA MADINI and RIANTO RILI PRIHATMANTYO, RIANTO RILI PRIHATMANTYO and ANNAS RIFAI, ANNAS (2024) ANALISIS KEBUTUHAN FASILITAS INTEGRASI ANTARMODA DI STASIUN MALANG KOTALAMA. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
Cover.pdf

Download (110kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (76kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (79kB)
[img] Text
bab II.pdf

Download (542kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (76kB)

Abstract

Seiring dengan pertambahan jumlah arus penumpang, diperlukan fasilitas tambahan untuk menunjang fungsi Stasiun Malang Kotalama untuk melayani penggunanya. Permasalahan yang terjadi saat ini di Stasiun Malang Kotalama antara lain, letaknya yang berada didekat flyover menyebabkan sulitnya akses keluar masuk menuju stasiun tersebut. Selain itu, tempat untuk drop off/pick up penumpang dilakukan di sembarang titik sehingga menambah penumpukan di pintu masuk stasiun dan menjadi tidak teratur. Serta belum maksimalnya pelayanan pada integrasi seperti sarana dan prasarana pendukung integrasi antarmoda dan petunjuk informasi. Oleh karena itu diperlukan sebuah evaluasi untuk mengetahui sejauh mana stasiun ini berfungsi dengan baik. Penelitian ini menggunakan analisis Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui kepuasan penumpang berdasarkan derajat kepentingan dan tingkat kinerja atribut pelayanan, Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui informasi terkait tingkat kepentingan terhadap suatu pelayanan yang diberikan sehingga menjadi prioritas dalam meningkatkan suatu pelayanan, dan Modal Interaction Matrix (MIM) untuk mengukur tingkat interaksi antarmoda dan menentukan apakah suatu alternatif dapat menciptakan tingkat interaksi yang diterima. Pada analisis CSI diperoleh tingkat kepuasan penumpang sebesar 63,89% dengan kategori “Cukup Puas”. Lalu dilakukan analisis IPA dan didapat kuadran I dengan prioritas tinggi yaitu ketersediaan informasi jadwal keberangkatan KA serta petunjuk mengenai tempat dan moda lainnya, kemudahan, keamanan, dan kenyamanan pengguna KA dalam berganti moda, tertatanya titik temu antar moda, dan ketersediaan shelter atau halte moda lainnya. Berdasarkan analisis MIM kondisi eksisting diperoleh hasil sebesar -153,333 yang artinya nilai interaksi antarmoda dalam kategori Buruk. Lalu dilakukan peningkatan fasilitas integrasi antarmoda melalui penambahan shelter untuk penumpang sepeda motor (ojek online) dan rambu stop sebagai titik henti angkutan kota sehingga dapat meningkatkan nilai kinerja integrasi antarmoda menjadi -100 (kategori Baik).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Fasilitas Integrasi, Shelter, Titik Henti, Kualitas Pelayanan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian
Depositing User: MTP 1 2024
Date Deposited: 14 Apr 2025 03:15
Last Modified: 14 Apr 2025 03:15
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8441

Actions (login required)

View Item View Item