HANA RAMADHINA, NUGRAHAINI and RIANTO RILI PRIHATMANTYO, RIANTO RILI PRIHATMANTYO and ANNAS RIFAI, ANNAS (2024) OPTIMALISASI FASILITAS PELAYANAN NAIK TURUN PENUMPANG DI STASIUN MALANG KOTALAMA. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB V ANALISIS.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
Abstract
Penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis kondisi serta kinerja fasilitas pelayanan naik turun penumpang di Stasiun Malang Kotalama. Kondisi peron Stasiun Malang Kotalama yang masih menggunakan peron rendah serta kondisi peron yang rusak. Maka penulis melakukan penelitian optimalisasi fasilitas pelayanan naik turun penumpang yang disesuaikan dengan persyaratan teknis serta standar pelayanan minimum. Hal ini untuk memperbaiki kekurangan pada peron. Pada pemecahan masalah tersebut, peneliti menggunakan metode analisis matriks perbandingan kondisi eksisting dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 29 Tahun 2011 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 63 Tahun 2019, analisis penumpang di jam sibuk, analisis perencanaan peron, analisis level of service (LOS), dan analisis pergerakan penumpang. Hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa terdapat ketidaksesuaian kondisi eksisting peron dengan standar yang telah ditetapkan. Didapat desain usulan peron berupa penambahan panjang, lebar serta peningkatan kategori peron yaitu peron 0 dan peron 2 yang semula peron rendah ditingkatkan menjadi peron tinggi. Tingkat pelayanan peron setelah optimalisasi didapatkan kenaikan signifikan terhadap kategori LOS yaitu dari kategori LOS “F” meningkat menjadi kategori LOS “C”. Pergerakan penumpang diketahui Stasiun Malang Kotalama hanya memiliki satu akses keluar masuk penumpang yaitu tepat di samping ruang PPKA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi, Peron, Tingkat Pelayanan. |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian |
Depositing User: | MTP 2 2024 |
Date Deposited: | 06 Apr 2025 15:21 |
Last Modified: | 06 Apr 2025 15:21 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |