OPTIMASI GARDU TRAKSI PADA LRT JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PENGGUNAAN KAPASITAS DAYA GARDU TRAKSI SESUAI DENGAN STANDAR FAKTOR KEBUTUHAN

Febi Wiratama Putra, Febi Wiratama Putra and POPIK MONTANASYAH, POPIK MONTANASYAH and URIANSAH PRATAMA, URIANSAH PRATAMA (2025) OPTIMASI GARDU TRAKSI PADA LRT JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PENGGUNAAN KAPASITAS DAYA GARDU TRAKSI SESUAI DENGAN STANDAR FAKTOR KEBUTUHAN. OPTIMASI GARDU TRAKSI PADA LRT JAKARTA UNTUK MENINGKATKAN PENGGUNAAN KAPASITAS DAYA GARDU TRAKSI SESUAI DENGAN STANDAR FAKTOR KEBUTUHAN. pp. 1-7.

[img] Text
DRAFT_JURNAL_FEBI_UPLOAD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (920kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan kapasitas daya gardu traksi pada Light Rail Transit (LRT) Jakarta, khususnya pada lintas Velodrome – Pulomas, dengan fokus pada penonaktifan gardu traksi Equestrian. Metode yang digunakan meliputi analisis kapasitas daya gardu traksi berdasarkan headway dan stamformasi kereta, serta perhitungan jarak ideal antar gardu traksi untuk meminimalkan jatuh tegangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas daya gardu traksi Velodrome dan Pulomas dapat meningkat dengan headway 4 menit dan stamformasi 3 LRV, mencapai presentase kapasitas 65% dan 95% masing-masing. Penonaktifan gardu traksi Equestrian memberikan dampak positif dalam efisiensi operasional, meskipun dalam kondisi darurat, gardu traksi Equestrian perlu diaktifkan kembali untuk memastikan kontinuitas suplai daya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi PT LRT Jakarta dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi operasional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jakarta LRT, substation, power optimization, voltage drop, headway, stamformation.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: FEBI WIRATAMA PUTRA PUTRA
Date Deposited: 10 Mar 2025 05:12
Last Modified: 10 Mar 2025 05:12
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8743

Actions (login required)

View Item View Item