TRI ANISA NUR UTAMI, TRI ANISA NUR UTAMI (2021) PENGARUH PLATFORM SCREEN DOOR (PSD) FAILURE TERHADAP OPERASI KA MRT JAKARTA FASE 1 DI STASIUN HAJINAWI. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD.
![]() |
Text
Tri Anisa Nur Utami_1803067_MTP 3.2.pdf Download (3MB) |
Abstract
Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta adalah salah satu transportasi perkeretaapian perkotaan di Provinsi DKI Jakarta dengan teknologi listrik. Jumlah penduduk Provinsi DKI Jakarta memiliki laju pertumbuhan penduduk per tahun sebesar 0,92 persen. Semakin meningkatnya tingkat kepadatan penduduk, semakin meningkatnya tingkat kemacetan di Provinsi DKI Jakarta. Maka dari itu, PT MRT Jakarta membangun moda transportasi perkeretaapian perkotaan dengan teknologi modern. PT MRT Jakarta beroperasi pada tahun 2019 dengan 13 stasiun yang beroperasi dengan 8 trainset yang beroperasi tiap harinya. Dalam satu perjalanan, MRT Jakarta mampu mengangkut penumpang sebanyak 20.500 penumpang per hari dalam pandemi Covid-19. Seiring dengan meningkatnya terhadap kebutuhan perjalanan kereta api yang lancar dan tepat waktu, PT MRT Jakarta berusaha untuk mengurangi gangguan operasi kereta api. Untuk mendukung kelancaran perjalanan kereta api dalam mengangkut penumpang, maka dalam pengoperasian perkeretaapian diperlukan operasi kereta api yang tepat waktu. Berdasarkan data kelambatan yang didapatkan dari pihak Operation Control Center (OCC) MRT Jakarta, terdapat kelambatan mulai bulan April 2019 sampai dengan Desember 2020 sebanyak 378 kasus. Dengan faktor kelambatan yang paling dominan yaitu Platform Screen Door (PSD) sebanyak Platform Screen Door (PSD) merupakan sebuah sistem keamanan yang berada di peron, berupa pintu pembatas antara lantai peron dengan lantai kereta api. PSD mencegah kereta terlambat akibat insiden keselamatan, mencegah penumpang terjatuh ke area rel kereta, pengaturan sirkulasi udara dan pengatur suhu bisa lebih optimal, dan mampu menahan terpaan angin yang ditimbulkan oleh kereta. Dalam pengoperasiannya PSD menggunakan sensor infrared yang mendeteksi adanya sarana dengan terintegrasi dengan sistem interlocking.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PLATFORM SCREEN DOOR (PSD), Operation Control Center (OCC), MRT Jakarta |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TF Railroad engineering and operation Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian |
Depositing User: | Admin Perpustakaan PTDI-STTD |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 01:59 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 01:59 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |