AMALIA FAUZIAH, AMALIA FAUZIAH (2021) UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN ANGKUTAN PENUMPANG UMUM DI KOTA/KABUPATEN KECIL DENGAN PENERAPAN PENJADWALAN PELAYANAN (STUDI KASUS: TRAYEK K-01 A CIKARANG-BEKASI). Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD.
![]() |
Text
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (337kB) |
![]() |
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
14. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
![]() |
Text
20. LAMPIRAN.pdf Download (574kB) |
![]() |
Text
15. BAB III KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
![]() |
Text
18. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
Text
16. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
![]() |
Text
17. BAB V ANALISA DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Adanya angkutan umum merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi kemacetan yang disebabkan oleh tingginya jumlah penggunaan kendaraan pribadi. Pemerintah berupaya mengatasinya dengan mengadakan kebijakan Bus Rapid Transit (BRT) dengan skema pembelian layanan/ Buy The Service (BTS) sebagai layanan transportasi massal agar masyarakat berpindah menggunakan angkutan umum. Namun, dalam implementasinya BTS kurang mendukung untuk daerah dengan pembiayaan dalam sektor transportasinya minim. Selain itu kendala pada BRT adalah jalur yang masih bergabung dengan kendaraan lain, karena jalan yang sempit maka pelayanannya belum efisien, proses administrasi yang lambat sehingga jumlah sarana belum memenuhi kebutuhan ideal, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat dan kondisi halte yang kurang terawat (Satria et al., 2015). Angkutan umum dengan berbagai permasalahannya diupayakan untuk tetap beroperasi agar dapat menopang kegiatan perekonomian masyrakat. Upaya mengatasi permasalahan angkutan umum dilakukan oleh pemerintah dengan berinovasi. Salahsatu inovasi untuk mempertahankan operasional angkutan umum adalah dengan penerapan penjadwalan. Berdasarkan SK.687/AJ.206/DRJD/2002 penyelenggaraan angkutan penumpang umum di wilayah perkotaan dalam trayek tetap dan teratur, diatur mengenai penjadwalan pelayanan angkutan umum. Tujuan pengaturan penjadwalan yaitu untuk menganalisis kinerja operasional trayek K-01 A saat ini, menentukan optimalisasi pelayanan dengan skema penjadwalan, mengetahui operasional setelah penjadwalan. Analisis yang digunakan adalah analisis kondisi eksisting, analisis optimalisasi pelayanan dengan penjadwalan dan analisis kondisi setelah penjadwalan. Analisis tersebut mengatur operasional penjadwalan angkutan umum dengan mengoptimalkan pelayanan kendaraan yang ada, sehingga menguntungkan pihak pengelola (pemilik perusahaan angkutan umum dan pengemudi) dan pengguna layanan (penumpang).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Angkutan umum, penjadwalan, optimalisasi |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TF Railroad engineering and operation Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Admin Perpustakaan PTDI-STTD |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 13:56 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 13:56 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/1039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |