PERENCANAAN LAJUR KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA JALAN LINGKAR KALIWUNGU

SATRI WAHYU JATMIKO, JATMIKO (2022) PERENCANAAN LAJUR KHUSUS SEPEDA MOTOR PADA JALAN LINGKAR KALIWUNGU. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA_STTD.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI_SATRIO WAHYU JATMIKO_1801253.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.ptdisttd.ac.id/

Abstract

Jalan lingkar Kaliwungu adalah ruas jalan utama yang digunakan sebagai akses menuju kawasan industri di Kabupaten Kendal. Proporsi kendaraan yang masuk ke jalan Lingkar Wungu yaitu mobil sebesar 25,9%, kendaraan berat sebesar 13,2%, dan sepeda motor sebesar 56,8%. Tingginya presentase sepeda motor di Kabupaten Kendal yaitu sebesar 78% dari keseluruhan kendaraan. Berdasarkan data kecelakaan tahun 2016-2020, kecelakaan di Kabupaten Kendal mencapai 3.135 kasus kecelakaan dan yang paling banyak terlibat kecelakaan adalah sepeda motor dengan jumlah sebanyak 2.245 kendaraan. Berdasarkan hasil perangkingan statis ruas dan perangkingan Daerah Rawan Kecelakaan (DRK) Jalan Lingkar Kaliwungu mendapat peringkat ke 4. Oleh karena itu diperlukan solusi untuk mengurangi terjadinya kecelakaan yaitu dengan adanya perencanaan lajur khusus sepeda motor. Untuk melakukan perencanaan ini maka dibutuhkan analisis kondisi eksisiting dan analisis kondisi scenario dengan bantuan MKJI untuk melihat usulan apa yang tepat untuk mengurangi terjadinya kecelakaaan di Jalan Lingkar Kaliwungu. Data penelitian ini diambil dengan melakukan survey inventarisasi jalan, TC, CTMC, Spot Speed, dan MCO kemudian dilakukan analisis untuk mengetahui kapasitas jalan,volume lalu lintas, V/C Ratio, dan Kecepatan ruas jalan. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa volume tertinggi terdapat ruas Jalan Lingkar Wungu 3 yaitu 2620 smp/jam, dengan V/C Ratio hingga 0,74, dan kecepatan ruas terendah mencapai 47,85 km/jam. Setelah adanya lajur khusus sepeda motor maka kinerja ruas menjadi lebih baik dengan V/C Ratio 0,55, kecepatan ruas 62.97 km/jam dan kepadatan menjadi 57.28 smp/jam

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Ruas, Kecelakaan, Sepeda Motor, Lajur Khusus, MKJI
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.7
Date Deposited: 28 Sep 2022 02:54
Last Modified: 28 Sep 2022 02:54
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/2158

Actions (login required)

View Item View Item