Mode Pemilihan Moda antara Bus Trans Margonda dan Sepeda Motor di Kota Depok (Terminal Depok-Terminal Jatijajar)

Peni Damayanti, Peni (2023) Mode Pemilihan Moda antara Bus Trans Margonda dan Sepeda Motor di Kota Depok (Terminal Depok-Terminal Jatijajar). Model Pemilihan Moda antara Bus Trans Margonda dan Sepeda Motor di Kota Depok (Terminal Depok-Terminal Jatijajar). pp. 1-120. (Submitted)

[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (724kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (337kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (509kB)

Abstract

ABSTRAK Ada dua pilihan moda transportasi darat dalam menunjang perjalanan dari terminal depok ke terminal jatijajar dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Depok. Moda transportasi tersebut adalah sepeda motor dan bus trans margonda dimana setiap dari moda ini memiliki keunggulan tersendiri dari segi tarif waktu tempuh, waktu tunggu, hingga kebutuhan parkir kendaraan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui karakteristik pengguna, memodelkan probabilitas pemilihan moda bus trans margonda menggunakan logit biner selisih, dan apa saja faktor – faktor yang mempengaruhi pemilihan moda tersebut. Pengguna sepeda motor lebih banyak daripada pengguna bus trans margonda karena sepeda motor sudah jelas lebih unggul dari segala faktor. Sampel penelitian ini berjumlah 138 orang dengan menggunakan metode bruton dimana populasinya didapat dari masyarakat yang melakukan perjalanan dari dua tempat yaitu terminal depok ke terminal jatijajar. Masyarakat ditawarkan 8 skenario perubahan dan pilihan terkait faktor perjalanan yang berkolerasi pada kedua moda tersebut dengan r tabelnya adalah 0.765. Hasil pilihan masyarakat akan diketahui melalui proporsi minat masyarakat di masing – masing skenario dan setiap skenario diubah ke dalam generalized cost atau biaya gabungan (Rp/Menit). Hasil selisih antara proporsi minat masyarakat dan biaya gabungan pada masing – masing skenario antara moda kendaraan akan di regresikan dengan metode regresi linear sederhana dan menghasilkan nilai intersep 0.2056 dan koefesiennya -0.00012. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengguna dalam memilih moda transportasi maka hasil dari metode regresi linear sederhana akan dianalisa menggunakan logit biner selisih sehingga probabilitas pilihan masyarakat paling signifikan akan di dapat berdasarkan skenario yang sudah dibuat. Hasil penelitian yang di dapat menunjukkan bahwa probabilitas minat masyarakat akan bus trans margonda akan tercapai apabila skenario 5 diterapkan dimana tarif bus trans margonda Rp.5.000 yang artinya lebih murah daripada moda sepeda motor, waktu tunggu 25 menit, dan waktu perjalanan selama 25 menit . Kata Kunci : Model Logit Biner Selisih, Generalized Cost, Regresi Linear Sederhana, dan Karakteristik Perjalanan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Logit Biner Selisih, Generalized Cost, Regresi Linear Sederhana, dan Karakteristik Perjalanan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.15
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:58
Last Modified: 06 Sep 2023 01:58
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/3828

Actions (login required)

View Item View Item