PENERAPAN TARIF PROGRESIF PARKIR ON STREET PADA KAWASAN CENTRAL BUSINESS DISTRICT KOTA MAGELANG

AULIA, WINA and HERMAWAN, I MADE ARKA and HERDIYATNO, YANUAR DWI (2023) PENERAPAN TARIF PROGRESIF PARKIR ON STREET PADA KAWASAN CENTRAL BUSINESS DISTRICT KOTA MAGELANG. PENERAPAN TARIF PROGRESIF PARKIR ON STREET PADA KAWASAN CENTRAL BUSINESS DISTRICT KOTA MAGELANG, 1 (1). A-Z.

[img] Text
JURNAL DIGILIB WINA AULIA.pdf

Download (585kB)

Abstract

Kawasan Central Bussines Distric Kota Magelang merupakan kawasan dengan tarikan tertinggi yaitu sebesar 52.284 trip/hari dengan 95% didominasi oleh kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) pada tahun 2022. Penggunaan kendaraan pribadi serta pergerakan yang tinggi menuju kawasan ini tentunya berpengaruh terhadap kebutuhan ruang parkir yang harus disediakan. Penambahan ruang parkir secara terus menerus bukan hal efektif untuk mengatasi permasalahan permintaan kebutuhan ruang parkir maka perlu adanya kebijakan untuk menekan permintaan terhadap ruang parkir dan perlu sistem untuk memudahkan monitoring kegiatan transaksi. Dalam penelitian ini yang dilakukan adalah menganalisa persepsi masyarakat mengenai penerapan tarif parkir progresif dan sistem elektronik parkir kemudian menganalisa probabilitas masyarakat dengan kondisi optimis dan pesimis terhadap skenario tarif progresif yang ditawarkan lalu dilakukan analisa terhadap kinerja lalu lintas akibat penerapan tarif progresif. Dari hasil analisis yang telah dilakukan maka didapat 63% pengguna fasilitas parkir setuju dengan penerapan tarif progresif dan sebesar 70% pengguna memilih elektronik parkir dengan sistem aplikasi android dengan rekomendasi tarif optimis yaitu tarif awal sebesar untuk roda 2 sebesar Rp.2000,- meningkat Rp.2000,- dan untuk roda 4 sebesar Rp.5000,- meningkat Rp.2500,- setiap 45 menit yang menghasilkan tundaan rata-rata 36,54 detik sedangkan rekomendasi tarif pesimis yaitu tarif awal untuk roda 2 sebesar Rp.4.000,- meningkat Rp.4000,- dan untuk roda 4 sebesar Rp.8000,- meningkat Rp.8000,- setiap 30 menit yang menghasilkan tundaan rata–rata 37,89 detik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Tarif Parkir Progresif, Kinerja Lalu Lintas, Elektronik Parkir
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.9
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:52
Last Modified: 06 Sep 2023 07:52
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/3921

Actions (login required)

View Item View Item