RABIATUL ADAUWIYAH, RABIATUL and FERI WISUDAWANTO, FERI WISUDAWANTO and TRI YULI ANDARU, TRI YULI ANDARU (2023) PERENCANAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SEPEDA MOTOR PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL DI KOTA BLITAR (STUDI KASUS: SIMPANG 4 KAWI DAN SIMPANG 3 JATI). Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (899kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (69kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK PERENCANAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SEPEDA MOTOR PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL DI KOTA BLITAR (STUDI KASUS: SIMPANG 4 KAWI DAN SIMPANG 3 JATI) RABIATUL ADAUWIYAH NOTAR: 19.01.334 Ruang Henti Khusus adalah area pemisah antara ruang tunggu sepeda motor dengan kendaraan roda empat pada suatu simpang bersinyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ruang Henti Khusus Sepeda Motor yang sesuai dengan penumpukan sepeda motor selama fase merah untuk pendekat simpang 4 Kawi dan simpang 3 Jati Kota Blitar. Metode perhitungan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, Pedoman Perencanaan Teknis Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor pada Persimpangan Bersinyal di Kawasan Perkotaan serta dengan melakukan uji coba simulasi pada software Vissim. Berdasarkan hasil analisis, Ruang Henti Khusus yang sesuai pada pendekat simpang 4 Kawi dan simpang 3 Jati adalah Ruang Henti Khusus dengan tipe kotak. Analisis menggunakan analisis software Vissim dapat diketahui penerapan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor dapat meningkatkan kinerja simpang dengan adanya penurunan Panjang antrian dan Tundaan pada simpang 4 Kawi dan simpang 3 Jati. Pada simpang 4 Kawi salah satunya pada pendekat utara mampu menurunkan Panjang antrian sebesar 31,77 meter dan tundaan sebesar 11,14 detik dan Pada simpang 3 Jati salah satunya ada Pada pendekat timur yang mampu menurunkan Panjang antrian sebesar 29,7 meter dan tundaan sebesar 3,09 detik. Kata Kunci: Arus Lalu Lintas, Ruang Henti Khusus
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Faryabi Rachmad |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:05 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:05 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |