PERENCANAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SEPEDA MOTOR PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL DI KOTA BLITAR (STUDI KASUS: SIMPANG 4 KAWI DAN SIMPANG 3 JATI)

RABIATUL ADAUWIYAH, RABIATUL and FERI WISUDAWANTO, FERI WISUDAWANTO and TRI YULI ANDARU, TRI YULI ANDARU (2023) PERENCANAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SEPEDA MOTOR PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL DI KOTA BLITAR (STUDI KASUS: SIMPANG 4 KAWI DAN SIMPANG 3 JATI). Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (64kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (570kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK PERENCANAAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) SEPEDA MOTOR PADA PERSIMPANGAN BERSINYAL DI KOTA BLITAR (STUDI KASUS: SIMPANG 4 KAWI DAN SIMPANG 3 JATI) RABIATUL ADAUWIYAH NOTAR: 19.01.334 Ruang Henti Khusus adalah area pemisah antara ruang tunggu sepeda motor dengan kendaraan roda empat pada suatu simpang bersinyal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ruang Henti Khusus Sepeda Motor yang sesuai dengan penumpukan sepeda motor selama fase merah untuk pendekat simpang 4 Kawi dan simpang 3 Jati Kota Blitar. Metode perhitungan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, Pedoman Perencanaan Teknis Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor pada Persimpangan Bersinyal di Kawasan Perkotaan serta dengan melakukan uji coba simulasi pada software Vissim. Berdasarkan hasil analisis, Ruang Henti Khusus yang sesuai pada pendekat simpang 4 Kawi dan simpang 3 Jati adalah Ruang Henti Khusus dengan tipe kotak. Analisis menggunakan analisis software Vissim dapat diketahui penerapan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor dapat meningkatkan kinerja simpang dengan adanya penurunan Panjang antrian dan Tundaan pada simpang 4 Kawi dan simpang 3 Jati. Pada simpang 4 Kawi salah satunya pada pendekat utara mampu menurunkan Panjang antrian sebesar 31,77 meter dan tundaan sebesar 11,14 detik dan Pada simpang 3 Jati salah satunya ada Pada pendekat timur yang mampu menurunkan Panjang antrian sebesar 29,7 meter dan tundaan sebesar 3,09 detik. Kata Kunci: Arus Lalu Lintas, Ruang Henti Khusus

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Faryabi Rachmad
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:05
Last Modified: 08 Sep 2023 01:05
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4210

Actions (login required)

View Item View Item