BINTANG SHOHIBU MIRBAT, BINTANG SHOHIBU MIRBAT and RIANTO RILI PRIHATMANTO, RIANTO RILI PRIHATMANTYO and MOHAMMAD SUGIARTO, MOHAMMAD SUGIARTO (2023) OPTIMALISASI SIMPANG DI KABUPATEN KULON PROGO (STUDI KASUS SIMPANG DPRD, SIMPANG DAYAKAN, DAN SIMPANG MARGOSARI). Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (360kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (220kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (114kB) | Request a copy |
Abstract
Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta. Di Kabupaten Kulon Progo terdapat permasalahan lalu lintas salah satunya di persimpangan. Beberapa simpang tersebut adalah Simpang DPRD, Simpang Dayakan, dan Simpang Margosari. Ketiga simpang ini terletak pada salah satu jalan yang menjadi akses keluar masuk ke kawasan Central Busines Distric (CBD). Hal tersebut menyebabkan banyaknya pengguna jalan dan mengakibatkan terjadinya kemacetan pada simpang terutama pada jam sibuk. Pengaturan waktu siklus yang belum tepat juga berpengaruh terhadap kinerja lalu lintas di tiga simpang bersinyal itu menjadi kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sekarang dan setelah dilakukannya optimalisasi terhadap simpang tersebut. Pengumpulan dan pengolahan data survei dilakukan melalui survei dilakukan melalui survei gerakan membelok, dan kecepatan. Analisis dilakukan dengan menggunakan simulasi software vissim. Tahapan awal dimulai dengan pembuatan model, kalibrasi terhadap parameter perilaku mengemudi dan validasi dilakukan dengan dengan cara menguji statistik. Selanjutnya dilakukan simulasi model pada kondisi eksisting dan optimalisasi pada simpang tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil optimalisasi waktu siklus memberikan peningkatan kinerja rata-rata dengan parameter tundaan sebesar 39% dan untuk parameter panjang antrian sebesar 37%. Selain itu, untuk optimalisasi geometrik dengan melakukan pelebaran jalan dan memberlakukan kebijakan belok kiri langsung terhadap simpang memberikan kinerja rata-rata dengan parameter tundaan sebesar 58% dan dengan mengunnakan parameter panjang antrian untuk peningkatan kinerja rata rata sebesar 63% dari kondisi sebeleum dilakukan optimalisasi. Kata Kunci: Simpang, Vissim, Waktu Siklus.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simpang, Vissim, Waktu Siklus. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.15 |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 01:23 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 01:23 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4389 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |