MADE DIVA SUGRYAWAN, MADE DIVA SUGRYAWAN (2023) UPAYA PENURUNAN HAZARD DAN RISK MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESMENT, RISK CONTROL (HIRARC) RUAS JALAN SEMARANG-BOYOLALI SEGMEN II KABUPATEN BOYOLALI. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
Kata Pengantar.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only until 13 December 2030. Download (262kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only until 13 December 2030. Download (98kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only until 13 December 2030. Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab VI.pdf Restricted to Registered users only until 13 December 2030. Download (57kB) | Request a copy |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kabupaten Boyolali memiliki masalah kecelakaan pada transportasinya salah satunya di Jalan Semarang-Boyolali dengan panjang 10 Km dibagi menjadi 6 segmen diranking dengan metode UCL didapat Segmen II yang merupakan ruas jalan peringkat pertama dengan tingkat kecelakaan tertinggi. Data menunjukan bahwa terdapat 196 kasus kecelakaan dengan 52 korban meninggal dunia dan 2 luka ringan tercatat per tahun 2021. Berdasarkan data dari kepolisian faktor penyebab kecelakaan paling utama adalah manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kecelakaan yang diakibatkan oleh manusia kemudian dibandingkan dengan kondisi eksisting dari pengendara yang melintasi jalan Semarang-Boyolali Segmen II didapatkan faktor penyebab kecelakaan yang diakibatkan oleh manusia dan mencari potensi tepi jalan dan bahaya resiko menggunkan metode HIRARC serta memberikan rekomendasi dalam rangka upaya penurunan Hazard dan Risk untuk meningkatakan keselamatan di Jalan Semarang-Boyolali Segmen II. Analisis yang digunakan berupa analisis lokasi rawan kecelakaan, kronologi kecelakaan, perilaku pengemudi, analisis HIRARC dan didapatkan faktor penyebab kecelakan oleh manusia dan mengetahui memberikan rekomendasi berupa rambu, pita penggaduh, Marka, Warning Light, Kampanye Keselamatan dan Program Keselamatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Pengemudi, Kecelakaan, Keselamatan, Kecepatan |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.6 |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 03:42 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 03:42 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |