MICHELLE ANNATALIA PUTRI, MICHELLE (2023) PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN JENDRAL SUDIRMAN 2 DI KAWASAN PENDOPO KABUPATEN PRINGSEWU. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
COVER_merged.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (799kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (491kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
.BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
Abstract
Pendopo merupakan pusat taman kota yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu. Letaknya yang sangat strategis yaitu tepat di pinggir jalan lintas tersebut membawa banyak masyarakat Pringsewu sering bercengkrama terutama saat sore hingga malam hari. Pendopo terlayani oleh jaringan Jalan Jendral Sudirman 2 dengan status Jalan Nasional dan fungsi jalan sebagai jalan arteri. V/C ratio dengan nilai 0,79, adanya parkir on street sehingga menurukan lebar efektif jalan, belum terdapat fasilitas pejalan kaki menyusuri, bahu jalan yang dijadikan lapak pedagang kaki lima, serta pejalan kaki yang menyeberang sembarangan. Untuk mengatasi permasalahan ini perlu adanya manajemen rekayasa lalu lintas dengan memberikan usulan melakukan analisis kinerja lalu lintas dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Analisis kinerja ruas jalan, analisis kinerja parkir, dan analisis pejalan kaki memeberikan usulan penanganan yaitu pembatasan jam operasional kendaraan barang, penataan parkir on street menjadi off street pada lahan kosong milik pemerintah, dan rekomendasi kebutuhan lebar trotoar serta fasilitas penyeberangan. Usulan penanganan tersebut memberikan perubahan pada kinerja ruas Jalan Jendral Sudirman 2 yaitu hambatan samping berubah menjadi kategori rendah, volume menurun menjadi 865 smp/jam, V/C ratio menurun menjadi 0,41, kecepatan meningkat menjadi 31,58 km/jam, dan kepadatan menurun menjadi 27,39 smp/jam. Perubahan kinerja jaringan jalan tersebut menandakan keberhasilan analisis dan usulan yang diberikan untuk penanganan permasalahan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kawasan Pendopo, Jaringan Jalan, Parkir, Pejalan Kaki. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | LLAJ MTJ 1.8 |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:09 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:09 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |