OPTIMALISASI KEPUASAN PENERAPAN TICKETING MENGGUNAKAN KAI ACCESS PADA KERETA API LOKAL BANDUNG RAYA

CYNTHIA HENI KUSMANA, CYNTHIA (2023) OPTIMALISASI KEPUASAN PENERAPAN TICKETING MENGGUNAKAN KAI ACCESS PADA KERETA API LOKAL BANDUNG RAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
DAFTAR COVER.pdf

Download (774kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kereta api Lokal Bandung Raya adalah sebuah kereta api lokal komuter di Daerah Operasi 2 Bandung yang diharapkan dapat mengatasi padatnya lalu lintas pada jalan raya. Jika dilihat pada Tahun 2022, jumlah penduduk Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat atau mengalami peningkatan sebesar 0,41% dan 1,86%. Maka dari itu PT. Kereta Api Indonesia meluncurkan suatu inovasi yaitu mobile application “KAI Access” . Di daop 2 Bandung, terdapat 4 stasiun yang sudah mulai memberlakukan pembelian tiket Kereta Api Lokal yang hanya dilayani melalui KAI Access yaitu Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Cimekar dan Stasiun Rancaekek. Kebijakan ini merupakan upaya PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung untuk meningkatkan kepuasan penumpang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Analisis karakteristik penumpang, analisis tingkat Kepuasan Dan Kepentingan Menggunakan metode IPA dan CSI. Berdasarkan analisis tingkat kepuasan dan kepentingan dengan nilai 0,76 terdapat 7 atribut pelayanan penumpang di Stasiun Kiaracondong, Stasiun Cimekar dan Stasiun Rancaekek yang berada pada kuadran I dan perlu ditingkatkan antara lain Aplikasi KAI Access mudah dipahami dan digunakan, kemudahan dalam mencari dan membeli tiket, kemudahan dalam melakukan pembayaran tiket, kemudahan dalam mengisi saldo, minim dari kesalahan (Sistem Error), ketersediaan petugas pelayanan ticketing, ketersediaan loket khusus untuk lansia dan disabilitas. Rekomendasi yang dapat dilakukan adalah penambahan petugas ticketing pada saat weekend yang bertugas untuk menjelaskan bagaimana penggunakan aplikasi KAI Access. Kemudian untuk memudahkan penumpang dalam melakukan pembayaran tiket perlu adanya penambahan fasilitias berupa mesin ATM agar memudahkan penumpang untuk mengisi saldo serta perlu adanya pemenuhan fasilitas bagi penyandang disabilitas berupa loket khusus untuk disabilitas agar memberikan kenyamanan serta kesetaraan penumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Penumpang, Tiket, KAI Access, IPA, CSI
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian
Depositing User: Keretaapi KA 4.4
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:53
Last Modified: 10 Jul 2024 06:53
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5361

Actions (login required)

View Item View Item