UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PADA JALAN RAWAN KECELAKAAN DI KABUPATEN KULON PROGO (STUDI KASUS JALAN BROSOT TOYAN SEGMEN 4)

ILHAM FERNANDO, NANDO (2023) UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PADA JALAN RAWAN KECELAKAAN DI KABUPATEN KULON PROGO (STUDI KASUS JALAN BROSOT TOYAN SEGMEN 4). Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2028.

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2028.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (109kB)

Abstract

Berdasarkan data kecelakaan dari Kepolisian Resor Kabupaten Kulon Progo Tahun 2022 menunjukkan bahwa jalan Brosot Toyan dalam 5 tahun terakhir yaitu tahun 2016-2020 merupakan ruas jalan dengan jumlah kecelakaan mencapai 88 kejadian dengan 22 korban meninggal dunia, 4 korban luka berat, 336 korban luka ringan. Hal ini di sebabkan permasalahan terhadap kondisi prasarana jalan seperti kerusakan perkerasan di beberapa titik ruas jalan, minimnya rambu lalu lintas dan marka yang mengalami kerusakan, dan dari faktor pengemudi dengan tingkat kecepatan tinggi. Sehingga setelah dilakukan analisis didapatkan bahwa Tipe kecelakaan yang sering terjadi adalah Tabrakan Depan-Samping dengan total 34 kejadian. Minimnya fasilitas perlengkapan jalan yang berkeselamatan lalu lintas seperti, Rambu daerah rawan kecelakaan, rambu pembatas kecepatan, dan rambu persimpangan jalan, rambu stop di persimpangan. Sehingga Upaya penanganan untuk mengurangi jumlah kecelakaan dan meminimalisirkan tingkat fatalitas kecelakaan di jalan Brosot Toyan 4 yaitu diperlukannya penambahan prasarana jalan seperti rambu larangan batas kecepatan karena masih terdapat kendaraan yang melaju melebihi batas kecepatan, rambu daerah rawan kecelakaan, rambu stop di persimpangan dan pemasangan pita penggaduh guna mengurangi kecepatan kendaraan yang melintas pada segmen 3 dan segmen 6 karena menjadi titik lokasi rawan kecelakaan. Kata Kunci: Peningkatan Keselamatan, Kecelakaan, Jalan, Rawan Kecelakaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.14
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:57
Last Modified: 10 Jul 2024 06:57
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5484

Actions (login required)

View Item View Item