MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS KAWASAN PASAR HARJAMUKTI KOTA CIREBON

FARHAN TSANI, FARHAN TSANI and DANI HARDIANTO, DANI HARDIANTO and WISNU WARDANA KUSUMA, WISNU WARDANA KUSUMA (2023) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS KAWASAN PASAR HARJAMUKTI KOTA CIREBON. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Pasar Harjamukti merupakan salah satu pasar yang berada di Kota Cirebon yang memiliki lokasi di jalur lintas Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon serta Kabupaten Kuningan. Terletak di daerah yang cukup strategis menyebabkan tingginya mobilitas pada Kawasan Pasar harjamukti. Faktor terbebaninya ruas jalan di sekitar pasar serta munculnya permasalahan-permasalahan baru berupa kemacetan lalu lintas dan tingginya hambatan samping. Jenis kendaraan yang melewati kawasan pasar meliputi kendaraan pribadi, angkutan umum, dan kendaraan barang (pick up, truk kecil, truk sedang, dan bus). Banyaknya jumlah kendaraan yang melintas maupun parkir di badan jalan menyebabkan lalu lintas di kawasan pasar terhambat. Banyaknya penggunajalan yang menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir dan tempat bongkar muat barang. Terdapat beberapa ruas jalan yang berada pada kawasan Pasar Harjamukti dan terdapat beberapa simpang.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis kinerja jaringan, analis parkir, dan analisis pejalan kaki. Analisis dilakukan dengan menggunakan data primer yang berasal dari kondisi eksisting wilayah studi dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait, jurnal maupun sumber lain yang dapat menjadi pedoman dalam memecahkan permasalahan di wilayah studi. Skenario usulan penanganan dilakukan dengan bantuan aplikasi transportasi Vissim. Hasil kinerja jaringan tiap skenario tersebut kemudian akan dibandingkan untuk diperoleh skenario terbaik.Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, didapatkan 2 skenario manajemen rekayasa lalu lintas. Setelah dilakukan skenario 2 pada Kawasan Pasar Harjamukti. Tundaan rata-rata turun menjadi 103,40 detik, sedangkan kecepatan bertambah menjadi 29,90 km/jam dan jarak yang ditempuh turun menjadi 35.937 km, sedangkan untuk waktu perjalanan berkurang menjadi 1.201 jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Rekayasa Lalu Lintas, Kinerja Jaringan Jalan, Tundaan rata-rata, Kecepatan Jaringan, Total Jarak Perjalanan, Waktu Perjalanan, Aplikasi Vissim
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.14
Date Deposited: 10 Jul 2024 07:00
Last Modified: 02 Sep 2024 05:20
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5528

Actions (login required)

View Item View Item