PERENCANAAN PENGEMBANGAN FASILITAS PELABUHAN DI PELABUHAN PENYEBERANGAN SELEKO KABUPATEN CILACAP

YUAN ANGGA SASTRA ADINDA, YUAN ANGGA SASTRA ADINDA and Ir. TRI YULI ANDARU, Ir. TRI YULI ANDARU and Ir. HARDJANA, Ir. HARDJANA (2023) PERENCANAAN PENGEMBANGAN FASILITAS PELABUHAN DI PELABUHAN PENYEBERANGAN SELEKO KABUPATEN CILACAP. Diploma thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only until 1 December 2030.

Download (150kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 1 December 2030.

Download (803kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 1 December 2030.

Download (334kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 1 December 2030.

Download (380kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 1 December 2030.

Download (2MB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only until 1 December 2030.

Download (130kB)

Abstract

Pelabuhan Penyeberangan Seleko merupakan salah satu pelabuhan di Kabupaten Cilacap yang melayani lintasan Seleko menuju Kampung Laut. Produktivitas pelabuhan yang terus meningkat di setiap tahunnya menunjukkan fasilitas pelabuhan yang ada pada Pelabuhan Penyeberangan Seleko semestinya dapat disesuaikan dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Angkutan Penyeberangan untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pengguna jasa angkutan penyeberangan. Namun, tingkat kinerja simpul di Pelabuhan Penyeberangan Seleko hanya sebesar 65,21 % dengan 15 fasilitas yang tersedia dari 23 fasilitas yang seharusnya ada sesuai dengan peraturan. Setelah dilakukan analisis didapatkan kondisi ideal luas total fasilitas sebesar 540 m2 untuk fasilitas wilayah daratan dan 11.593 m2 untuk fasilitas wilayah perairan sehingga total luas fasilitas pelabuhan seluas 12.133 m2. Berdasarkan pengamatan dari tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap fasilitas pelayanan penumpang menggunakan metode Importance Performance Analysis, diperoleh fasilitas yang perlu ditingkatkan seperti fasilitas keselamatan, fasilitas kesehatan, fasilitas keamanan, fasilitas ruang tunggu, fasilitas toilet, fasilitas pengatur suhu, fasilitas informasi gangguan perjalanan kapal, fasilitas layanan penumpang, fasilitas tempat parkir dan fasilitas bagi penumpang difabel. Pola arus sirkulasi lalu lintas kendaraan serta penumpang belum tertata dengan baik, Keselamatan penyeberangan masih belum terakomodir dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.15
Date Deposited: 30 Oct 2024 02:23
Last Modified: 30 Oct 2024 02:23
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5847

Actions (login required)

View Item View Item