KOORDINASI SIMPANG BERSINYAL PADA KORIDOR JALAN KH. ABDUL HALIM KABUPATEN MAJALENGKA (STUDI KASUS: SIMPANG PASAR MAMBO, SIMPANG ABOK, DAN SIMPANG TUGU KECAP

KADEK SATYA ADI DWI YASA, KADEK SATYA ADI DWI YASA and DANI HARDIANTO, DANI HARDIANTO and ERLINA INDRIASARI, ERLINA INDRIASARI (2024) KOORDINASI SIMPANG BERSINYAL PADA KORIDOR JALAN KH. ABDUL HALIM KABUPATEN MAJALENGKA (STUDI KASUS: SIMPANG PASAR MAMBO, SIMPANG ABOK, DAN SIMPANG TUGU KECAP. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (59kB)

Abstract

Di Jalan KH. Abdul Halim terdapat 3 persimpangan. Kondisi ketiga persimpangan tersebut saat ini tidak terkoordinasi, akibatnya, kendaraan yang baru saja melewati Persimpangan Pasar Mambo harus berhenti menunggu fase hijau kembali di Persimpangan Abok dan hal yang sama juga terjadi di Persimpangan Tugu Kecap. Akibatnya, panjangnya antrian dan lamanya waktu tundaan terutama pada jam-jam sibuk yang tidak dapat dihindari. Untuk itu, perlu dilakukan analisis koordinasi yang tepat antara persimpangan untuk mengurangi kemacetan di ketiga persimpangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis koordinasi sinyal antara ketiga persimpangan menggunakan perangkat lunak TRANSYT 14.1. Penelitian dilakukan dengan menganalisis data primer dan data sekunder dengan PKJI untuk mendapatkan nilai Kapasitas, Panjang Antrian, Penundaan, Derajat Kejenuhan, dan Tingkat Pelayanan untuk kondisi eksisting, kemudian menganalisis pengaturan sinyal yang ada untuk ketiga persimpangan menggunakan metode Diagram Waktu-Jarak. Analisis koordinasi sinyal dilakukan menggunakan TRANSYT 14.1 dan hasil dari perangkat lunak dibandingkan dengan kondisi eksisting. Berdasarkan hasil analisis diketahui jenis pengendalian dari ketiga simpang yang menjadi objek penelitian adalah simpang bersinyal. Simpang Safari mempunyai tingkat pelayanan (C), Simpang Menowo memiliki tingkat pelayanan (C), dan Simpang Kebonpolo memiliki tingkat pelayanan (C)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Intersection Coordination, Level of Service, Transyt 14.1, Delay, Queue Length.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 14 2024
Date Deposited: 02 Sep 2024 05:17
Last Modified: 02 Sep 2024 05:17
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6180

Actions (login required)

View Item View Item