MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR LAMA DI KOTA BANJARMASIN

I PUTU AGUS JUNI ASTRAWAN, I PUTU AGUS JUNI ASTRAWAN and YANUAR DWI HERDIYATNO, YANUAR DWI HERDIAYATNO and AHYANI, AHYANI (2024) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR LAMA DI KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (240kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (132kB)

Abstract

Kawasan Pasar Lama Kota Banjarmasin merupakan salah satu pusat perdagangan yang ada di Kota Banjarmasin. Sebagai pusat kegiatan, kawasan ini memiliki tingkat perjalanan yang tinggi dan memberikan dampak terhadap kondisi lalu lintas yang ada. Akibat dari kegiatan pasar yang ada, menimbulkan beberapa permasalahan yang terjadi, seperti adanya kemacetan dan kepadatan. Permasalahan ini disebabkan karena adanya kegiatan perdagangan dan parkir kendaraan yang menggunakan badan jalan dan trotoar sebagai lokasi berdagang, sehingga mengurangi kinerja jaringan jalan yang ada. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan manajemen rekayasa lalu lintas dengan menerapkan penanganan permasalahan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja jaringan jalan pada kawasan. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kinerja jaringan jalan yang meliputi kinerja ruas jalan, kinerja simpang, pejalan kaki dan parkir. Analisi dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang telah berhasil dikumpulkan, baik dengan survei secara langsung dilapangan dan dari instansi-instansi terkait. Untuk menganalisis kinerja jaringan jalan pada kawasan ini, berpedoman pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) yang dimodelkan dengan aplikasi Vissim. Analisis yang dilakukan menghasilkan 3 skenario penanganan yang meliputi peningkatan kinerja ruas dan simpang, penertiban pedagang, penataan parkir, perbaikan dan peningkatan fasilitas pejalan kaki serta pengadaan perlengkapan jalan. Dan dari 3 skenario yang dilakukan, memberikan pilihan penaganan permasalahan kepada dinas terkait, dengan skenario terbaik adalah skenario 3. Dengan penerapan skenario 3, kinerja jaringan jalan Kawasan Pasar Lama Kota Banjarmasin meningkat, yang mengahasilkan tundaan jaringan sebesar 46,55 detik, kecepatan jaringan 22,66 km/jam, dan total jarak tempuh 1.101,5 km dengan waktu perjalanan 48,62 jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Rekayasa Lalu Lintas, Kinerja Jaringan Jalan, Vissim
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 12 2024
Date Deposited: 27 May 2025 03:59
Last Modified: 27 May 2025 03:59
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6203

Actions (login required)

View Item View Item