PENINGKATAN KINERJA SIMPANG 3 TENGGARANG DI KABUPATEN BONDOWOSO

Candra Ari Utami, Dewa Ayu Nyoman (2024) PENINGKATAN KINERJA SIMPANG 3 TENGGARANG DI KABUPATEN BONDOWOSO. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text (HALAMAN COVER)
HALAMAN COVER.pdf

Download (354kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (564kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf

Download (322kB)

Abstract

Persimpangan jalan merupakan pertemuan atau perpotongan antara dua atau lebih ruas jalan yang memiliki karakteristik sama maupun berbeda. Setiap simpang memiliki karakteristik geometri yang berbeda-beda, serta memiliki lalu lintas yang berbeda. Pertemuan setiap ruas jalan tersebut tidak jarang menimbulkan konflik lalu lintas, baik akibat kondisi lalu lintas ataupun kondisi geometri dari simpang tersebut. Simpang yang dikaji dalam penelitian kali ini adalah Simpang 3 Tenggarang di Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lalu lintas dan kinerja simpang saat ini, dan upaya untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Untuk menciptakan kinerja simpang yang optimal dan kelancaraan lalu lintas pada simpang tersebut, sehingga diperlukan kajian lebih lanjut serta upaya penanganan yang tepat. Simpang 3 Tenggarang pada kondisi eksisting memiliki Derajat Kejenuhan Simpang rata-rata adalah 0,69, panjang antrian sejauh 73,20 meter dan memiliki rata-rata tundaan simpang 32,63 detik/SMP. Berdasarkan kondisi tersebut, Simpang 3 Tenggarang memiliki peringkat D disesuaikan dengan PM 96 Tahun 2015. Berdasarkan hasil analisis kondisi usulan yang diajukan untuk meningkatkan kinerja simpang kajian dilakukan perubahan waktu siklus dengan 3 plan, pada Plan 1 (jam sibuk pagi) tundaan menjadi 29,50 det/smp, pada Plan 2 (jam sibuk siang) tundaan menjadi 26,01 det/smp, dan pada Plan 3 (jam sibuk sore) tundaan menjadi 19,70 det/smp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Derajat Kejenuhan; Panjang Antrian; Simpang; Tundaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: Dewa Ayu Nyoman
Date Deposited: 27 May 2025 03:46
Last Modified: 27 May 2025 03:46
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6296

Actions (login required)

View Item View Item