RIFAT ARIEF SETYAWAN, RIFAT and RIANTO RILI PRIHATMANTYO, RIANTO RILI PRIHATMANTYO and SRI SARJANA, SRI SARJANA (2024) UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN DI RUAS JALAN CIPATAT KABUPATEN BANDUNG BARAT. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.docx Download (53kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Download (765kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (566kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
DRAFT SKRIPSI_RIFAT ARIEF SETYAWAN_2001354_TD 4.6 (FIXX FINALL).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
JURNAL_RIFAT ARIEF SETYAWAN_2001354_TD 4.6 (FIXX FINALL).pdf Download (805kB) |
Abstract
Abstrak Jumlah kecelakaan yang terjadi di Ruas Jalan Cipatat pada titik blackspot segmen 7 (Km 3 – Km 3,5) dan segmen 8 (Km 3,5 – Km 4) Kabupaten Bandung Barat selama 5 (lima) tahun terakhir 2018-2022 mengalami penurunan, meskipun pada beberapa tahun terjadi peningkatan dan menyebabkan jumlah korban jiwa (meninggal, luka berat, luka ringan). Dari data yang diperoleh satlantas polres cimahi 2023 terdapat 31 kejadian kecelakaan dengan jumlah korban kecelakaan total 39 korban jiwa diantaranya meninggal dunia 7 orang, luka berat 1 orang, luka ringan 31. Kondisi arus dan kecepatan lalu lintas pada Ruas Jalan Cipatat segmen 7 dan segmen 8 cukup tinggi karena fungsinya sebagai jalan arteri dan jalan nasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu, Inspeksi Keselamatan Jalan (IKJ) untuk mengetahui prasarana jalan serta dapat memberikan rekomendasi usulan prasarana jalan kemudian Metode The Gross Output untuk mengetahui biaya kecelakaan serta hazard sisi jalan untuk mengetahui resiko yang timbul akibat bahaya sisi jalan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat keselamatan berlalu lintas baik bagi pengemudi maupun pejalan kaki di Ruas Jalan Cipatat segmen 7 dan segmen 8 Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa segmen 7 dan 8 dari hasil analisis spot speet dan persentil 85 diketahui bahwa kecepatan tertinggi arah masuk segmen 7 58 Km/jam sudah melebihi batas kecepatan yang ditetetapkan, untuk arah keluar 62,8 Km/jam sudah melebihi batas kecepatan yang ditetetapkan. Kemudian pada segmen 8 kecepatan tertinggi arah masuk 58 Km/jam sudah melebihi batas kecepatan yang ditetetapkan, untuk arah keluar 66,1 Km/Jam sudah melebihi batas kecepatan yang ditetetapkan. tingginya angka kecelakaan di Ruas Jalan Cipatat segmen 7 dan segmen 8 sebagian besar disebabkan faktor manusia kemudian prasarana jalan yang masih kurang baik. Oleh karena itu perlu adanya pemasangan rambu batas kecepatan, pemasangan rambu hati-hati, pemasangan rambu petunjuk. fasilitas peyebrangan, penambahan zebra cross serta pita penggaduh untuk melindungi keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Kata Kunci : IKJ, Keselamatan Jalan, Hazard sisi Jalan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : IKJ, Keselamatan Jalan, Hazard sisi Jalan |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Rifat Arief Setyawan |
Date Deposited: | 27 May 2025 03:43 |
Last Modified: | 27 May 2025 03:43 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6315 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |