YESIMA MONTHESIA ANGELICA, YESIMA MONTHESIA ANGELICA and Gloriani Novita Christin, Gloriani Novita Christin (2024) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA KAWASAN PERKANTORAN SIMPANG DPRD KABUPATEN KARAWANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
cover.pdf Download (117kB) |
![]() |
Text
daftar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
bab 2.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
![]() |
Text
bab 6.pdf Download (770kB) |
Abstract
Kawasan Perkantoran simpang DPRD Kabupaten Karawang merupakan Kawasan yang terletak di daerah CBD sehingga memiliki tarikan yang tinggi berupa sekolah dan perkantoran. Kawasan ini terdapat 3 lokasi parkir on street, fasilitas pejalan kaki digunakan untuk berjualan, fasilitas penyebrangan yang memudar, serta angkutan umum yang berhenti dipinggir jalan. Dari kondisi tersebut, timbul permasalahan lalu lintas berupa kemacetan yang harus diatasi dengan melakukan beberapa usulan dalam penyelesaian masalah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis kinerja jaringan, analisis parkir dan analisis pejalan kaki. Analisis dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait, jurnal ataupun pedoman yang berkaitan dan data primer yang berasal dari lapangan. Analisis kinerja jaringan jalan eksisting dan usulan penanganan dilakukan dengan bantuan aplikasi transportasi vissim dengan parameter berupa tundaan rata-rata, kecepatan jaringan, total jarak yang ditempuh dan total waktu perjalanan. Dari pemodelan menggunakan vissim, hasil kinerja jaringan jalan eksisting dan usulan tersebut akan dibandingkan untuk memperoleh beberapa usulan pemecahan masalah terbaik. Usulan pemecahan masalah terbaik ini dengan melakukan pemindahan parkir on street menjadi off street, peralangan parkir pada sisi kanan ruas jalan siliwangi dan mengatur sudut parkir sisi sebelah kiri, perencanaan fasilitas pejalan kaki, penertiban pedagang kaki lima, dan menambah ukuran lay bay di setiap halte. Dengan penerapan usulan ini, terjadi peningkatan kinerja jaringan jalan dengan tundaan rata-rata sebesar 83,45 detik, kecepatan perjalanan 23,98 km/jam, total jarak yang ditempuh 9692,93 kend-km/jam dan total waktu perjalanan 404,21 kend-jam/jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Jaringan Jalan, Parkir, Pejalan Kaki, Vissim |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 9 2024 |
Date Deposited: | 27 May 2025 01:23 |
Last Modified: | 27 May 2025 01:23 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |