PERENCANAAN FASILITAS JALAN BERKESELAMATAN GUNA MENGURANGI FATALITAS KECELAKAAN PADA RUAS JALAN PROF. DR. HAMKA SEGMEN 3 DI KOTA SEMARANG

MUTIARANI YUNASTI, RANI and SUMANTRI WIDYA PRAJA, SUMANTRI WIDYA PRAJA and SITI KHADIJAH KOTO, SITI KHADIJAH KOTO (2024) PERENCANAAN FASILITAS JALAN BERKESELAMATAN GUNA MENGURANGI FATALITAS KECELAKAAN PADA RUAS JALAN PROF. DR. HAMKA SEGMEN 3 DI KOTA SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
1. HALAMAN COVER.pdf

Download (129kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
8. BAB VI.pdf

Download (117kB)

Abstract

Jalan Prof. Dr. Hamka merupakan daerah rawan kecelakaan dengan tingkat kecelakaan yang memiliki tingkat fatalitas dan kerugian material tertinggi di Kota Semarang. Berdasarkan hasil analisis laporan umum Tim PKL Kota Semarang, Jl. Prof. Dr. Hamka segmen 3 merupakan lokasi yang sering terjadi kecelakaan. Panjang segmen 1,1 km dengan tipe jalan 4/2 T dan berfungsi sebagai jalan Arteri, status jalan Kota. Jalan ini memiliki geometrik jalan tanjakan atau turunan curam dan terdapat tata guna lahan perumahan. Untuk merencanakan keselamatan jalan digunakan beberapa analisis seperti analisis analisis faktor penyebab kecelakaan, analisis fasilitas keselamatan jalan, analisis kecepatan, dan analisis geometri jalan. Aktivitas keluar masuk perumahan menimbulkan pengendara yang melintasi jalan tersebut menjadi kaget karena aktivitas menyebrang disertai kecepatan rata-rata pada Jalan Prof. Dr. Hamka segmen 3 adalah 51,1 km/jam dengan kecepatan tertinggi 71 km/jam. Faktor penyebab terutama faktor manusia sebagai faktor paling tinggi oleh sebab itu pada penelitian ini penulis mengkaji terkait kondisi eksisting pada Prof. Dr. Hamka segmen 3 selanjutnya mengetahui tingkat kecelakaan mengindentifikasi faktor-faktor penyebab kecelakaan sehingga didapatkan rekomendasi untuk meningkatkan keselamatan pada Jalan Prof. Dr. Hamka segmen 3 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Safety, Accidents, Road Geometry
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: MTJ 16 2024
Date Deposited: 21 May 2025 01:50
Last Modified: 21 May 2025 01:50
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6797

Actions (login required)

View Item View Item