WISNU DWI SUSONO, WISNU and BOBBY AGUNG HERMAWAN, BOBBY AGUNG HERMAWAN and EKO PRIMADI HENDRI, EKO PRIMADI HENDRI (2024) ANALISIS KONFLIK LALU LINTAS UNTUK PENCEGAHAN KECELAKAAN DI SIMPANG TIGA JALAN RAYA PASAR SETU-JALAN R. SUPRAPTO SETU KABUPATEN BEKASI. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
cover.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
bab 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
bab 6.pdf Download (111kB) |
Abstract
Simpang tiga Jalan raya pasar setu – jalan R. Suprapto Kabupaten Bekasi. Merupakan daerah Potensi kecelakaan menurut data Laporan Umum PKL Kabupaten Bekasi Tahun 2023. Dengan kondisi yang demikian, permasalahan lalu lintas berupa kecelakaan lalu lintas sering kali terjadi. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan dengan menganalisis permasalahan tersebut. Analisis Konflik Lalu Lintas yang digunakan dalam penelitian ini di desain untuk memberikan gambaran tentang tingkat keselamatan. Traffic Conflict Technique adalah suatu metode untuk mengobservasi yang dilakukan dengan cara mendata kecelakaan yang hampir terjadi (near-missed accident) serta melihat pola terjadinya kecelakaan. Traffic Conflict Technique dikembangkan oleh Departement of Traffic Planning and Engineering di Lund University di Swedia. Analisis yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode Traffic Conflict Technique yang diaplikasikan pada data pengamatan titik-titik lalu lintas yang memiliki potensial terhadap terjadinya kecelakaan. Penelitian menggunakan hasil survey. Lokasi studi adalah Simpang tiga Jalan raya pasar setu – jalan R. Suprapto Kabupaten Bekasi yang merupakan daerah Potensi kecelakaan sehingga dengan menggunakan metode Traffic Conflict Technique yang dilakukan adalah dalam skala mikro yang bertujuan mencapai “zero accident”. Namun demikian, hasil dari penggunaan metode Traffic Conflict Technique dapat dikembangkan untuk skala tingkat kejadian yang lebih besar dan dapat diterapkan pada lokasi lain. Hasil dari penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran untuk memperkirakan kecelakaan sehingga akan dapat dilakukan upaya-upaya atau tindakan preventif untuk peningkatan keselamatan lalu lintas yang bertujuan mencegah kecelakaan dan meningkatkan kenyamanan para pengguna jalan dengan cara mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | transportation, conflict, intersection, preventive. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 18 2024 |
Date Deposited: | 21 May 2025 01:50 |
Last Modified: | 21 May 2025 01:50 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6801 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |