ANALISIS KEBIJAKAN TARIF PARKIR UNTUK MENINGKATKAN TRANSPORT DEMAND MANAGEMENT DI KAWASAN CITYWALK DAN ALUN-ALUN KOTA TEGAL

Amelia Indah Safitri, Amelia Indah Safitri and Gloriani Novita Christin, Gloriani Novita Christin and Eko Primadi Hendri, Eko Primadi Hendri (2024) ANALISIS KEBIJAKAN TARIF PARKIR UNTUK MENINGKATKAN TRANSPORT DEMAND MANAGEMENT DI KAWASAN CITYWALK DAN ALUN-ALUN KOTA TEGAL. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kawasan Central Business District (CBD) merupakan kawasan yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, sehingga semakin banyak penggunaan kendaraan pribadi maka semakin besar pergerakan menuju kawasan tersebut. Sejalan dengan tingginya penggunaan kendaraan pribadi, kebutuhan ruang parkir juga semakin meningkat. Perparkiran merupakan salah satu instrumen manajemen transportasi yang berpengaruh terhadap efektivitas dan efisiensi transportasi. Penerapan kenaikan tarif parkir merupakan salah satu bentuk Transport Demand Management (TDM). Kenaikan tarif parkir bertujuan untuk mengetahui profil responden pengguna kendaraan pribadi dan berapa tarif parkir optimal yang mengakibatkan pengguna kendaraan pribadi di Kota Manado akan berpindah ke moda transportasi angkutan perkotaan untuk bisa meningkatkan efektifitas transport demand management. Dalam penelitian ini, analisis tarif parkir ditinjau dari Ability to Pay (ATP). Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa tarif parkir kendaraan roda dan tarif parkir kendaraan roda 4 pada kawasan ini, perlu dilakukan penyesuaian tarif yang disertai peningkatan fasilitas layanan angkutan perkotaan untuk meningkatkan daya Tarik masyarakat dalam menggunakan angkutan perkotaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Central Business District (CBD), Tarif parkir, Transport Demand Management (TDM), Ability to Pay (ATP).
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: MTJ 9 2024
Date Deposited: 19 May 2025 01:20
Last Modified: 19 May 2025 01:20
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7106

Actions (login required)

View Item View Item