OPTIMALISASI RUAS JALAN DAN KINERJA SIMPANG KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS DI SIMPANG 4 AIRAN RAYA, SIMPANG 3 WAY KANDIS DAN RUAS JALAN AIRAN RAYA)

FITRAH ARI SYAFA'AT, FITRAH and RICKO YUDHANTA, RICKO YUDHANTA and AZHAR HERMAWAN RIYANTO, AZHAR HERMAWAN RIYANTO (2024) OPTIMALISASI RUAS JALAN DAN KINERJA SIMPANG KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS DI SIMPANG 4 AIRAN RAYA, SIMPANG 3 WAY KANDIS DAN RUAS JALAN AIRAN RAYA). Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (66kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (133kB)
[img] Text
daftar tabel.pdf

Download (91kB)
[img] Text
daftar gambar.pdf

Download (86kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (105kB)
[img] Text
bab II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab VI.pdf

Download (81kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (76kB)

Abstract

Dalam perkembangan urbanisasi yang pesat, kepadatan lalu lintas menjadi salah satu tantangan utama dalam pengelolaan transportasi perkotaan. Kota bandar lampung, termasuk Simpang 4 Airan Raya dan Simpang 3 Way Kandis, menghadapi peningkatan yang signifikan dalam volume Kendaraan, khususnya pada jam-jam sibuk. Fenomena ini mengakibatkan dampak negatif berupa kemacetan yang merugikan efisiensi perjalanan dan mengundang risiko kecelakaan kendaraan, khususnya pada jam-jam sibuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja persimpangan jika dilakukan manajemen rekayasa lalu lintas berupa peningkatan simpang tanpa perubahan geometri dan dengan perubahan geometri. Data yang digunakan untuk perhitungan diperoleh dari data survei ineventarisasi simpang, survei pencacahan lalu lintas, survei gerakan membelok, dan kecepatan. Indikator pembanding yang digunakan adalah tingkat pelayanan simpang berupa derajat kejenuhan, panjang antrian, waktu tundaan, kecepatan jaringan, dan waktu perjalanan rata-rata. Metode analisis yang digunakan mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan sistem APILL terkoordinasi adalah skenario yang paling efektif dan dapat mengurangi panjang antrian dan lama waktu tundaan cukup signifikan. Serta jika dilihat dari hasil analisis kinerja jaringan, peningkatan simpang APILL dengan perubahan geometri dapat mengurangi derajat kejenuhan, antrian, dan tundaan simpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: APILL, Kinerja Persimpangan, kinerja ruas jalan, PKJI
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 18 2024
Date Deposited: 17 May 2025 13:14
Last Modified: 17 May 2025 13:14
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7142

Actions (login required)

View Item View Item