PENINGKATAN KINERJA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN MT HARYONO DI KABUPATEN MAGETAN

BIMOLSAH MALFINDO HATTA, BIMOLSAH MALFINDO HATTA and SRI SARJANA, SRI SARJANA and Djamal Subastian, Djamal Subastian (2024) PENINGKATAN KINERJA LALU LINTAS PADA RUAS JALAN MT HARYONO DI KABUPATEN MAGETAN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (373kB)

Abstract

Kabupaten Magetan merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur dan merupakan daerah perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur dimana sector transportasi beriringan dengan sarana dan prasarana. Jalan MT Haryono adalah ruas jalan yang strategis dimana di sepanjang ruas ini terdapat pertokoan dan terdapat juga sekolah. Di ujung ruas Jalan MT Haryono terdapat pasar induk di Kabupaten Magetan yaitu pasar sayur. Semakin meningkatnya kebutuhan dalam pelayanan transportasi pada ruas jalan ini membuat terjadinya kemacetan. Jalan MT Haryono memiliki volume lalu lintas yang tinggi dan memiliki permasalahan dikarenakan adanya hambatan samping berupa parkir on street serta tingginya aktivitas pejalan kaki yang mengganggu arus lalu lintas. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menganalisis kinerja ruas jalan, kinerja parkir dan karakteristik pejalan kaki. Analisis kinerja ruas jalan meliputi analisis kapasitas, V/C Ratio, kecepatan, kepadatan dan tingkat pelayanan. Analisis kinerja parkir meliputi akumulasi, volume, kapasitas statis, kapasitas dinamis, durasi parkir, indeks parkir dan turn over parkir atau tingkat pergantian parkir. Sedangkan analisis karakteristik pejalan kaki dilakukan dengan menganalisis karakteristik pejalan kaki yang menyusuri dan menyeberang. Dalam penelitian ini, didapatkan hasil kinerja ruas Jalan MT Haryono yaitu dengan kapasitas 2070,88 smp/jam; V/C Ratio 0,76; kecepatan 20 km/jam; kepadatan 78 smp/km; dan tingkat pelayanannya adalah C. Usulan alternative yang diberikan adalah dengan melakukan pemindahan parkir on street menjadi parkir off street dan menyediakan fasilitas pelican crossing untuk pejalan kaki menyeberang. Usulan ini diharapkan segera diterapkan agar kinerja ruas Jalan MT Haryono dapat ditingkatkan. Kata Kunci: Kinerja ruas jalan, karakteristik parkir, karakteristik pejalan kaki

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja ruas jalan, karakteristik parkir, karakteristik pejalan kaki
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: MTJ 5 2024
Date Deposited: 05 May 2025 06:15
Last Modified: 05 May 2025 06:15
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7419

Actions (login required)

View Item View Item