PENATAAN PARKIR PADA KAWASAN PASAR UMUM GRABAG DI KABUPATEN MAGELANG

RETNO REZKI PUTRI PERDANA, RETNO and AHYANI, AHYANI and YUANDA PATRIA TAMA, YUANDA PATRIA TAMA (2024) PENATAAN PARKIR PADA KAWASAN PASAR UMUM GRABAG DI KABUPATEN MAGELANG. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (872kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (747kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Parkir di Kabupaten Magelang pada Kawasan Pasar Umum Grabag memiliki volume lalu jalan yang cukup tinggi. Pada ruas jalan Grabag-Pagonan memiliki volume sebesar 1460 smp/jam dan ruas jalan Grabag-Ngablak memiliki volume sebesar 1385 smp/jam. Kemudian dengan adanya kondisi parkir kendaraan dengan sudut 90o mengakibatkan pengurangan lebar ruas jalan pada kedua ruas jalan tersebut sehingga kapasitas ruas jalan tersebut menjadi berkurang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif analitis. Analisis yang digunakan pada penelitian ini meliputi analisis kondisi ruas jalan dan parkir saat ini. Parkir On Street di ruas jalan Grabag-Pagonan memiliki IP 169% untuk mobil dan IP 97% untuk sepeda motor. Sedangkan pada ruas jalan Grabag-Ngablak memiliki IP 170% untuk mobil dan 115% untuk sepeda motor. Dengan adanya parkir on street yang tidak tertata dengan baik mengakibatkan buruknya kinerja ruas jalan. Ruas jalan Grabag-Pagonan memiliki derajat jenuh sebesar 0,67, kecepatan 27,6 km/jam dan kepadatan 52,86 smp/km sedangkan di ruas jalan Grabag-Ngablak memiliki derajat jenuh sebesar 0,68, kecepatan 26,3 km/jam, dan kepadatan 52,66 smp/km. Pada penelitian ini diberikan 2 rekomendasi pemecahan masalah yaitu perubahan sudut parkir pada parkir on street dari 90o menjadi 0o dan pengalihan parkir on street ke off street dengan pembuatan taman parkir. Dengan mengalihkan parkir ke ruang parkir off street dan optimalisasi sudut parkir on street, maka kapasitas jalan akan semakin besar, lebar efektif jalan bertambah dan hambatan samping berkurang. Bertambahnya kapasitas jalan menjadikan tingkat pelayanan ruas jalan semakin baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Ruas Jalan, Parkir, Tingkat Pelayanan, Marka, Rambu
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: MTJ 9 2024
Date Deposited: 06 May 2025 14:23
Last Modified: 06 May 2025 14:23
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7423

Actions (login required)

View Item View Item