OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG EMPAT APILL KOTA AGUNG

IHSAN PRADANA, IHSAN PRADANA and MOHAMMAD SUGIARTO, MOHAMMAD SUGIARTO and PANJI PASA PRATAMA, PANJI PASA PRATAMA (2024) OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG EMPAT APILL KOTA AGUNG. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (382kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Persimpangan merupakan titik temu dari beberapa ruas jalan sehingga berpotensi menimbulkan beberapa konflik di persimpangan tersebut. Persimpangan dapat menimbulkan permasalahan lalu lintas seperti terlalu panjang antrian yang terjadi dan terlalu lama durasi tundaan akibat durasi merah yang tidak sesuai. Karena hal itu, perlu adanya pengendalian simpang yang disesuaikan dengan kebutuhan pergerakan lalu lintas di persimpangan sehingga kapasitas simpang dapat menampung lalu lintas dengan optimal pada saat jam puncak sibuk terjadi. Simpang yang dikaji dalam penelitian ini adalah Simpang Empat APILL Kota Agung. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja persimpangan dengan harapan dapat menurunkan nilai derajat kejenuhan, panjang antrian dan tundaan di persimpangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah analisis kinerja eksisting dari Simpang Empat APILL Kota Agung yang memiliki nilai derajat kejenuhan tertinggi sebesar 0,71 pada kaki pendekat timur, antrian terpanjang yaitu 62,49 meter pada kaki pendekat timur, serta tundaan simpang rata-rata selama 61,30 detik. Berdasarkan hasil analisis kondisi ekisiting, perlu adanya usulan untuk meningkatkan kinerja Simpang Empat APILL Kota Agung yang optimal dengan cara mengubah fase APILL dan menyesuaikan waktu siklus simpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persimpangan, Derajat Kejenuhan, Panjang Antrian, Tundaan
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: MTJ 4 2024
Date Deposited: 06 May 2025 14:22
Last Modified: 06 May 2025 14:22
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7435

Actions (login required)

View Item View Item