MEILA PERMATA SARI, MEILA PERMATA SARI and FREDDY TAMPUBOLON, FREDDY TAMPUBOLON and ANASTA WIRAWAN, ANASTA WIRAWAN (2024) EVALUASI PELAYANAN ALTERNATIF PENYEBERANGAN LINTAS CIWANDAN – BAKAUHENI. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
2. Daftar isi.pdf Download (516kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (889kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (175kB) |
Abstract
Pada tahun 2022 Pelabuhan Merak mengalami kemacetan parah hingga 20 kilometer dari pintu Pelabuhan Merak hingga Tol Tangerang KM 90, hal ini terjadi akibat lonjakan kendaraan di Pelabuhan Merak. BPTD Kelas II Banten mencatat bahwa pada tanggal 29 April 2022 yang merupakan puncak arus mudik dengan jumlah kendaraan 37.692 kendaraan perhari. Salah satu upaya pemerintah sesuai dengan surat Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor R.0119/Seskab/Marves/07/2022 tanggal 14 Juli 2022 tentang Penyampaian Notulensi Rapat Koordinasi Tindaklanjut Arahan Presiden, yaitu mengoptimalkan pemanfaatan dermaga di sekitar Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni dengan penambahan rute alternatif penyeberangan melalui Pelabuhan Ciwandan sebagai respons terhadap kemacetan di Pelabuhan Merak. Penambahan rute alternatif penyeberangan melalui Pelabuhan Ciwandan dilaksanakan mulai angkutan Natal dan Tahun Baru 2022 – 2023 namun masih belum optimal. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kapasitas pelabuhan dan demand Pelabuhan Merak dan Bakauheni (V/C Rasio) pada Angkutan Lebaran 2022, analisis mekanisme pelayanan di Pelabuhan Ciwandan, analisis demand pada saat angkutan lebaran 2023 dan 2024 (setelah dilakukannya pelayanan alternatif penyeberangan), dan analisis peramalan demand di masa mendatang. Dengan hasil penelitian pada tahun 2022 V/C rasio di pelabuhan Merak sebesar 0,86. Berdasarkan hasil survey di lapangan, fasilitas yang ada di Pelabuhan Ciwandan sudah cukup lengkap. Kendaraan yang menyeberang melalui pelabuhan ciwandan sebesar 39,4% dan pada tahun 2024 meningkat menjadi 40,4%. Pelabuhan Merak setiap tahun akan mengalami peningkatan produksi kendaraan dengan persentase peningkatan rata-rata 4,34% pertahun dan pada saat angkutan lebaran rata-rata sebesar 5,28% pertahun. Jika Pelabuhan Merak belum bisa meningkatkan kapasitas maka pemberlakuan pelabuhan Ciwandan sebagai pelabuhan alternatif harus tetap berjalan sampai dengan Pelabuhan Merak siap untuk menampung demand terutama pada masa angkutan lebaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelabuhan Merak, Pelabuhan Ciwandan, Permintaan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 2 2024 |
Date Deposited: | 06 May 2025 01:18 |
Last Modified: | 06 May 2025 01:18 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |