MUTHIA NURUL AINI, MUTHIA and GUNTORO ZAIN MA'ARIF, GUNTORO and RIO LAKSAMANA PRASTYA, RIO (2024) PENENTUAN LOKASI DAN DESAIN LAYOUT TERMINAL ANGKUTAN BARANG DI KOTA PEKANBARU. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (11MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (31MB) |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kota Pekanbaru, ibukota Provinsi Riau, merupakan pusat ekonomi dan distribusi barang di Riau. Tingginya aktivitas perjalanan menyebabkan ketergantungan pada infrastruktur jalan yang baik dan sistem lalu lintas yang efisien. Kota ini menjadi zona dengan arus angkutan barang tertinggi di Riau, namun aktivitas truk yang parkir di bahu jalan dan bongkar muat di dalam kota menimbulkan kemacetan dan keselamatan jalan. Salah satu lokasi eksisting dimana angkutan barang parkir di bahu jalan yaitu di ruas jalan Raya Pasir Putih (Raya Kubang) kapasitas 2929 smp/jam dengan v/c rasio 0,67. Analisis awal dilakukan Analisa perjalanan angkutan barang/hari di Kota Pekanbaru, jenis komoditas muatan angkutan barang, pemilihan 3 lokasi alternatif untuk pembangunan terminal angkutan barang kemudian menggunakan metode pengambilan keputusan berbasis indeks kinerja Composite Performance Index (CPI) dengan kriteria kinerja ruas jalan (kapasitas, V/C ratio,kecepatan dan road occupancy), kriteria aksesibilitas (jarak ke Pusat Kota dan Pusat Perdagangan, serta kedekatan dengan batas kordon luar pintu keluar masuk Kota Pekanbaru), kriteria kelestarian lingkungan dan kriteria investasi biaya awal (harga tanah/m²). Berdasarkan analisa yang dilakukan, Penilaian 3 titik lokasi alternatif Terminal Angkutan Barang menggunakan metode Composite Performance Index (CPI), lokasi dengan nilai bobot akhir adalah lokasi alternatif 1 JL. Air Hitam 3 dengan nilai keseluruhan sebesar 406,49, nilai bobot lokasi alternatif 2 JL. Siak 2 7 dengan total nilai keseluruhan sebesar 350,38 , dan nilai bobot lokasi alternatif 3 JL. Lintas Timur Sumatera dengan total nilai keseluruhan sebesar 371,52. Di dapatkan dari nilai tertinggi pembobotan yaitu lokasi alternatif 1 JL Air Hitam dengan nilai keseluruhan sebesar 406,49 yang terletak pada zona 45 di JL. Air Hitam 3. Pemerintah Daerah Kota Pekanbaru dapat menggunakan hasil analisis dari penelitian untuk rencana lokasi terminal angkutan barang sebagai bahan pertimbangan untuk pembangunan terminal barang di masa yang akan datang sebagai tempat pengendalian, pengawasan,melancarkan arus, tempat parkir, tempat peristirahatan pengemudi demi untuk menciptakan arus pergerakan barang di Kota Pekanbaru yang aman, efektif, dan efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Angkutan Barang, Distribusi Barang, Terminal Angkutan Barang, Composite Performance Index (CPI). |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | MUTHIA NURUL AINI AINI |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:34 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:34 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |