MUHAMMAD RAFIF, RAFIF and BUDIHARSO HIDAYAT, BUDIHARSO HIDAYAT and FAUZI, FAUZI (2024) PENATAAN LALU LINTAS DI PASAR LAWANG KABUPATEN MALANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
cover.pdf.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
Daftar isi.pdf.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 6.pdf.pdf Download (78kB) |
Abstract
Kawasan CBD Pasar Lawang merupakan kawasan yang terletak di Kecamatan Lawang Kota yang merupakan pusat perdagangan dan ekonomi yang ramai dikunjungi masyarakat. Kawasan CBD merupakan kawasan dengan tingkat pergerakan lalu lintas yang tinggi karena pada kawasan ini terdapat pertokoan dan pasar. Pada jam sibuk, sering sekali terjadi peningkatan arus lalu lintas yang dapat menyebabkan kemacetan, dimana hal ini juga diakibatkan oleh adanya aktivitas parkir di badan jalan dan aktivitas pedagang yang menggunakan badan jalan untuk berjualan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kinerja ruas, analisis kinerja simpang, analisis parkir, dan analisis pejalan kaki. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan data primer yang didapat dari hasil pengamatan langsung di lapangan dan data sekunder yang didapat dari instansi terkait. Analisis kinerja lalu lintas dengan membandingkan kinerja hasil usulan dengan kondisi saat ini. Hasil penelitian dari usulan penataan lalu lintas memberikan peningkatan kinerja lalu lintas. Penataan lalu lintas yang diusulkan berupa pengubahan sudut parkir on street dari 90˚menjadi 60˚, pembatasan jam operasional pasar tumpah ke jalan yang menggunakan badan jalan untuk berjualan, penataan fasilitas pejalan kaki berupa rekomendasi fasilitas trotoar dan penyeberangan. Dilihat dari kinerja ruas jalan Panglima Sudirman dengan VC Ratio dari 0,54 menjadi 0,27, kecepatan dari 23,62 km/jam menjadi 48,62 km/jam, dan kepadatan dari 48,56 smp/km menjadi 23,59 smp/km. Dilihat dari kinerja ruas jalan Thamrin dengan VC Ratio dari 0,37 menjadi 0,35, kecepatan dari 28,66 km/jam menjadi 50,96 km/jam, dan kepadatan dari 44,97 smp/km menjadi 25,29 smp/km.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penataan, Kinerja Ruas, Parkir |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 6 2024 |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:26 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:26 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |