Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Di Kawasan Pasar Panorama Lembang Kabupaten Bandung Barat

Hisyam Azmi, Hisyam Azmi and RIANTO RILI PRIHATMANTYO, RIANTO RILI PRIHATMANTYO and SABRINA HANDAYANI, SABRINA HANDAYANI (2024) Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Di Kawasan Pasar Panorama Lembang Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

[img] Text
Cover.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (93kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (66kB)

Abstract

Kawasan Pasar Panorama Lembang merupakan kawasan pasar yang terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Pasar Panorama Lembang adalah salah satu pusat perdagangann di kkecamatan lembang dengan jalan utama yaitu Jalan Panorama. Kegiatan di Kawasan Pasar Panorama Lembang ini di dominasi dengan kegiatan perdagangan dengan aktivitas yang tinggi ditandai dengan adanya aktivitas parkir di badan jalan dan aktivitas pedagang kaki lima yang menggunakan trotoar untuk berjualan sehingga menyebabkan permasalahan lalu lintas berupa kemacetan lalu lintas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kinerja ruas, analisis simpang, analisis parkir, dan analisis pejalan kaki. Analisis dilakukan dengan menggunakan data primer yang didapat dari hasil lapangan dan data sekunder dari instansi terkait. Analisis kinerja jaringan jalan menggunakan aplikasi permodelan transportasi yaitu PTV.Vissim dengan membandingkan kinerja permodelan dengan kondisi saat ini. Hasil penelitian dari usulan penataan memberikan peningkatan kinerja jaringan jalan. Penataan yang diusulkan berupa pengoptimalan parkir on street dengan cara memindahkan parkir on street ke parkir off street yang sudah ada, penataan fasilitas pejalan kaki berupa penambahan trotoar dan rekomendasi fasilitas penyeberangan. Dilihat dari tundaan rata-rata sebesar 26,49 detik, kecepatan jaringan 33,15 km/jam, total jarak yang ditempuh 19133,92 km dan total waktu perjalanan 577,17 jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Macet, Kinerja Jaringan Jalan, Parkir, Pejalan Kaki, Aplikasi Vissim.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Hisyam Hisyam Azmi Azmi
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:07
Last Modified: 22 Apr 2025 02:07
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8202

Actions (login required)

View Item View Item