UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN RUAS JALAN BATAS KOTA- CIBITUNG SISI UTARA KALIMALANG DITINJAU DARI FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN DAN PRASARANA JALAN

MUHAMMAD ALVARIGO MADANNUR WIRAYUDHA, MUHAMMAD ALVARIGO MADANNUR WIRAYUDHA and ANISA MAHADITA C., ANISA MAHADITA C. and DIAN VIRDA SEJATI, DIAN VIRDA SEJATI (2024) UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN RUAS JALAN BATAS KOTA- CIBITUNG SISI UTARA KALIMALANG DITINJAU DARI FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN DAN PRASARANA JALAN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER-ALVARIGO.docx-1-6.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-ALVARIGO.docx-7-10.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I-ALVARIGO.docx-11-13.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB II-ALVARIGO.docx-14-24.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-ALVARIGO.docx-25-34 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV-ALVARIGO.docx-35-46.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
BAB V-ALVARIGO.docx-47-125.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI-ALVARIGO.docx-126-128.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)

Abstract

Kabupaten Bekasi merupakan salah satu kawasan Industri terbesar di Indonesia, sehingga menjadikan wilayah ini padat penduduk dan memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Hal ini juga mempengaruhi tingkat keselamatan berlalu lintas. Berdasarkan Data Kecelakaan dari Kepolisian Kabupaten Bekasi, Jalan Batas Kota-Sisi Utara Kalimalang merupakan daerah rawan kecelakaan. Terdapat beberapa permasalahan seperti, kecepatan pengendara yang melebihi batas ketentuan, ukuran lebar jalan yang tidak sesuai dengan standar persyaratan teknis jalan, ada 3 titik lubang dan 2 titik jalan tidak rata di dua lajur kiri jalan raya. Adapun 8 buah rambu pada ruas jalan ini, 1 rambu terhalang daun pepohonan, 2 rambu tidak terawat. Belum adanya juga rambu tanda daerah rawan kecelakaan, Terdapat juga 35 lampu penerangan malam hari namun 33 diantaranya sudah tidak berfungsi, serta tidak tersedianya marka jalan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan beberapa analisa seperti kondisi eksisting sarana prasarana, kronologis kecelakaan, faktor-faktor penyebab kecelakaan dan kecepatan kendaraan pada ruas jalan Batas Kota-Sisi Utara Kalimalang. Untuk itu perlu dilakukan rencana penanganan serta rekomendasi guna melengkapi dan memperbaiki infrastruktur agar ruas jalan Batas Kota-Sisi Utara Kalimalang agar berkeselamataan. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil analisis data kronologi kecelakaan didapatkan bahwa kecelakaan yang terjadi yaitu tabrakan depan belakang dan tunggal, sedangkan jenis kendaraan yang sering terlibat yaitu sepeda motor dibandingkan dengan jenis kendaraan lainnya. Untuk faktor penyebab terjadinya kecelakaan yaitu, faktor manusia (human error), dan kecepatan pada ruas Jalan Batas Kota Sisi Utara Kalimalang tidak sesuai dengan kecepatan rencana kelas jalan yaitu 40 km/jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan Lalu Lintas, Faktor Penyebab, Kronologis
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 4 2024
Date Deposited: 22 Apr 2025 01:58
Last Modified: 22 Apr 2025 01:58
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8236

Actions (login required)

View Item View Item