DESKA ULIYANI, DESKA ULIYANI and WISNU HANDOKO, WISNU HANDOKO and AHYANI, AHYANI (2024) Analisa Peningkatan Kinerja Pelabuhan Penyeberangan Kuala Tungkal Provinsi Jambi. Analisa Peningkatan Kinerja Pelabuhan Penyeberangan Kuala Tungkal Provinsi Jambi. pp. 1-12. (Submitted)
![]() |
Text
Analisa Peningkatan Kinerja Pelabuhan Penyeberangan Kuala Tungkal Provinsi Jambi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ketesediaan fasilitas dan penerapan standar pelayanan dipelabuhan mempengaruhi kinerja suatu pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pelabuhan sebagai upaya peningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada penumpang dan kendaraan pada kondisi saat ini dan kondisi masa mendatang dengan menggunakan metode penelitian kombinasi berupa penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menggunakan : (1) evaluasi kinerja sesuai KP 539 Tahun 2022, (2) Modal Interaction Matrix, (3) Trip Segment Analysis, (4) Analisa tingkat kepentingan dan kinerja pelayanan, (5) Analisa kebutuhan fasilitas sesuai KM 52 tahun 2004, (6) Analisa rencana jumlah permintaan masa mendatang dengan metode kuadran terkecil, (7) Analisa system zonasi sesuai PM 91 tahun 2021. Berdasarkan hasil penelitian, Kinerja Pelabuhan saat ini mencapai nilai 58,86 (sedang), Modal Interaction Matrix sebesar -133,3 (cukup), Trip Segment Analysis pejalan kaki menggunakan motor waktu perjalanannya lebih lama dari pada mobil serta terdapat 11 atribut pelayanan kuadran I dan 5 atribut kuadran III yang perlu perbaikan sehingga upaya yang dilakukan dengan memberikan rekomendasi deskriptif, pemenuhan kebutuhan fasilitas dan pelayanan, peningkatan fasilitas pejalan kaki, penataan area loket penumpang dan ruang tunggu berdekatan, menyediakan fasilitas informasi serta penerapan sistem zonasi. Rencana pemenuhan fasilitas 5 tahun mendatang dengan jumlah prediksi sebanyak 104.591 Penumpang dan 14.891 Kendaraan Campuran sebagaimana kebutuhan ruang tunggu sebesar 413 m2, area kantin sebesar 62 m2, area ruang administrasi sebesar 62 m2, ruang utilitas sebesar 134 m2, ruang publik sebesar 67 m2, lapangan parkir siap muat sebesar 1.285 m2 dan lapangan parkir pengantar penjemput sebesar 481 m2.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Kinerja, Pelabuhan |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 1 2024 |
Date Deposited: | 05 Oct 2024 13:48 |
Last Modified: | 05 Oct 2024 13:48 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8623 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |