ANALISA PERUBAHAN FORMULA TAC BERDASARKAN PP NO 15 TAHUN 2016 DIBANDINGKAN DENGAN FORMULA TAC BERDASARKAN PERMENKEU NO 138/PMK.02/2021 TERHADAP BESARAN PNBP DI WILAYAH DAOP II BANDUNG

NUANSA RAMADHANTY, NUANSA and POPIK MONTANASYAH, POPIK and TOTOK LUKITO, TOTOK (2024) ANALISA PERUBAHAN FORMULA TAC BERDASARKAN PP NO 15 TAHUN 2016 DIBANDINGKAN DENGAN FORMULA TAC BERDASARKAN PERMENKEU NO 138/PMK.02/2021 TERHADAP BESARAN PNBP DI WILAYAH DAOP II BANDUNG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB II..pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (405kB)

Abstract

Track Access Charge (TAC) merupakan jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diperoleh dari jasa transportasi perkeretaapian. Pada tahun 2016, melalui Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2016 tentang Jenis Dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian Perhubungan ditetapkan formulasi perhitungan TAC Ka yaitu 〖TAC〗_KA= [〖GT〗_KA×∑_(i-1)^n▒( 〖KM〗_KA×〖TAC〗_(Daop/Divre))] × Fp yang apabila disimplifikasi menjadi 〖TAC〗_KA=0,75×IMO. Mengingat formula tersebut masih mengacu pada biaya IMO tanpa memperhitungkan pengembalian investasi, formulasi yang sebelumnya direvisi dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 138/PMK.02/2021 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Bersifat Volatil dan Kebutuhan Mendesak yang Berlaku Pada Kementerian Perhubungan menjadi 〖TAC〗_KA= 〖GT〗_KA×〖KM〗_KA×Satuan Biaya Penggunaan Prasarana KA×Fp. Untuk mengetahui perbandingan antara formula menurut PP Nomor 15 Tahun 2016 dan PMK 138/PMK.02/2021 dilakukan analisa terhadap kedua formula dan perhitungan nilai PNBP dari TAC di Daop II Bandung. Hasil analisa menunjukkan bahwa penggunaan formula menurut PMK 138/PMK.02/2021 lebih sesuai dibandingkan dengan PP Nomor 15 Tahun 2016. Namun, masih terdapat beberapa komponen yang perlu diperbaiki seperti Satuan Biaya Penggunaan Prasarana KA dan pemasangan alat ukur beban sarana agar perhitungan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Negara Bukan Pajak, Track Access Charge, Biaya Penggunaan Prasarana Kereta Api
Subjects: T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian
Depositing User: MTP 4 2024
Date Deposited: 06 Apr 2025 14:55
Last Modified: 06 Apr 2025 14:55
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8625

Actions (login required)

View Item View Item