I PUTU ABBY SURYAWAN, ABBY SURYAWAN (2022) ANALISIS KINERJA LALU LINTAS KAWASAN PASAR UMUM NEGARA KABUPATEN JEMBRANA. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA_STTD.
![]() |
Text
ANALISIS KINERJA LALU LINTAS KAWASAN PASAR UMUM NEGARA KABUPATEN JEMBRANA.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pasar Umum Negara merupakan salah satu pasar utama dengan status pasar tradisional di Kabupaten Jembrana yang menjadi pusat perdagangan dalam melayani kegiatan jual beli masyarakat di Wilayah Kabupaten Jembrana. Sejalan dengan semakin meningkatnya volume kendaraan yang melintasi jalan ini tanpa adanya peningkatan kapasitas jalan menyebabkan buruknya tingkat pelayanan (Level of Service) pada ruas jalan Kawasan Pasar Umum Negara. Buruk kinerja lalu lintas yang ada pada Kawasan Pasar Umum Negara ditimbulkan karena ada parkir on-street di badan jalan, banyak kendaraan barang yang melintasi ruas jalan Kawasan Pasar Umum Negara dan yang hendak melakukan bongkar muat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukannya usulan manajemen rekayasa lalu lintas untuk meningkatkan kinerja jaringan jalan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis kinerja jaringan, analis parkir, dan analisis pejalan kaki. Analisis dilakukan dengan menggunakan data primer yang berasal dari lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait, jurnal maupun sumber lain yang dapat menjadi pedoman dalam memecahkan permasalahan di lokasi studi. Untuk analisis kinerja jaringan pada usulan rekayasa lalu lintas dilakukan dengan bantuan aplikasi PTV Vissim. Hasil kinerja jaringan pada rekayasa lalu lintas tersebut kemudian akan dibandingkan dengan kinerja jaringa eksisting. Dalam penelitian ini parameter kinerja jaringan digunakan yaitu tundaan rata-rata, kecepatan jaringan, total jarak yang ditempuh, dan total waktu perjalanan. Dari hasil analisis rekayasa lalu lintas dengan melakukan permodelan pada aplikasi Vissim diperoleh hasil terbaik. Rekayasa lalu lintas ini dilakukan dengan melakukan perubahan fase simpang, pengadaan dan perbaikan fasilitas pejalan kaki, dan pembatasan jam operasi kendaraan barang yang melintasi ruas jalan kajian dan bongkar muat, dan pemindahan parkir onstreet ke offstreet. Dengan penerapan usulan rekayasa lalu lintas seperti yang dikaji dalam penelitian ini, terjadi peningkatan kinerja jaringan jalan kawasan Pasar Umum Negara. Kinerja jaringan yang dihasilkan tersebut memiliki Tundaan rata-rata 25,21 detik, Kecepatan jaringan 34,60 km/jam, Total jarak yang ditempuh 5,4 km, Total waktu perjalanan 2,13 jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Jaringan Jalan, Parkir, Pejalan Kaki, Aplikasi Vissim. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.13 |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 04:15 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 04:15 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/1375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |