STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PERKOTAAN DI KOTA SURABAYA

WICAKSONO, RIYAN WAHYU (2022) STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PERKOTAAN DI KOTA SURABAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
STRATEGI PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PERKOTAAN DI KOTA SURABAYA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kota Surabaya memiliki pelayanan berbagai transportasi umum, salah satunya adalah angkutan perkotaan. Angkutan perkotaan yang ada di Kota Surabaya salah satunya adalah mobil penumpang umum (MPU). Sebagai salah satu sarana transportasi untuk melayani masyarakat untuk melakukan perpindahan harus mempunyai kinerja yang baik seperti pelayanan maupun operasionalnya. Melihat kondisi eksisting terkait pelayanan angkutan perkotaan di Kota Surabaya, minat masyarakat yang rendah dipengaruhi oleh kinerja pelayanannya seperti headway yang masih jauh dibawah standar, frekuensi yang belum sesuai dengan peraturan, waktu perjalanan yang masih jauh dari harapan. Hal itu menyebabkan masyarakat tetap menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi online dibadingkan angkutan perkotaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan sebuah peningkatan kinerja pelayanan angkutan perkotaan di Kota Surabaya dengan cara melakukan analisis permintaan terhadap masyarakat menggunakan metode survei wawancara (state preference). Survei wawancara ini menghasilkan data berupa presepsi dan minat masyarakat untuk berpindah menggunakan angkutan perkotaan mobil penumpang umum (MPU). Setelah itu dilakukan sebuah perhitungan untuk menentukan kinerja pelayanan berdasarkan permintaan masyarakat dalam penggunaan angkutan umum perkotaan berdasarkan hasil permintaan dengan tiga skenario, yaitu skenario optimis (75%), moderat (50%), dan pesimis (25%). Berdasarkan hasil pengukuran kinerja angkutan perkotaan berdasarkan pedoman Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah perkotaan dengan Trayek Tetap dalam Teratur, kinerja pelayanan angkutan perkotaan di Kota Surabaya termasuk dalam kategori buruk dan setelah dilakukan upaya kinerja pelayanan termasuk dalam kategori baik dengan menerapkan skenario yang telah diterapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Angkutan perkotaan, Kinerja Pelayanan, State Preference, Analisis Permintaan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Wahyu Wicaksoni Riyan
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:30
Last Modified: 27 Sep 2022 07:30
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/1885

Actions (login required)

View Item View Item