SISTEM PENYIMPANAN DAN PENCARIAN KARTU INDUK PEMERIKSAAN BERBASIS “OPAC” DI UNIT PENGELOLA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR UJUNG MENTENG DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI DKI JAKARTA”

Fathiyah, Fitriza (2020) SISTEM PENYIMPANAN DAN PENCARIAN KARTU INDUK PEMERIKSAAN BERBASIS “OPAC” DI UNIT PENGELOLA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR UJUNG MENTENG DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI DKI JAKARTA”. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD.

[img] Text
LAPORAN TA FATHIYA F-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only until 2020.

Download (2MB)

Abstract

Jika kita membandingkan antara kondisi yang ada di dalam sistem di lapangan dengan ketentuan teknis yang ada, maka dibutuhkan jalan alternatif untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di lapangan tersebut. Perkembangan teknologi semakin pesat sehingga bisa dimanfaatkan untuk mempermudah sebuah pekerjaan. Komputer bisa dimaksimalkan penggunaannya untuk membuat suatu program aplikasi yang sesuai dengan permasalahan kita. Sehingga komputer tersebut bisa digunakan lebih mudah. Dengan memaksimalkan fungsi dari komputer tersebut kita bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya. Dengan adanya suatu aplikasi yang berbasis computerisasi system tentunya diharapkan permasalahan di atas dapat diatasi, salah satunya yaitu dengan membuat program OPAC (Online Public Acces Catalog) yaitu aplikasi yang digunakan untuk melakukan pencarian suatu buku atau arsip yang sudah tersistem sehingga mempermudah proses pencarian kartu dan membuat ruang penyimpaan kartu menjadi lebih rapi dan tertata. Cara ini tentu lebih efektif untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang ditimbulkan dibandingkan menggunakan cara manual serta cara ini juga sangat efisien. Sehingga akan memudahkan petugas KIP untuk menemukan arsip kendaraan dalam waktu yang singkat. Penulis melakukan pengumpulan data selama kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang berlangsung 3 minggu di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng, dan selanjutnya proses pengumpulan data dilanjutkan dengan Tanya jawab dirumah masing-masing melalui media komunikasi dengan senior dan pegawai yang bekerja di di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng. Data Primer meliputi : Data primer merupakan jenis data yang diperoleh secara langsung dari pihak- pihak yang berkepentingan dengan lokasi pelaksanaan PKL, seperti : 1) Pengamatan terhadap kondisi ruang penyimpanan kartu induk pemeriksaaan. 2) Pengamatan terhadap sarana dan prasana yang digunakan dalam proses pencarian kartu induk pemriksaan. 3) Pengamatan terhadap lamanya waktu dalam proses pencarian kartu induk pemeriksaan. Data Sekunder meliputi : Data Sekunder merupakan jenis data yang diperoleh secara tidak langsung, seperti hasil – hasil penelitian terlebih dahulu, kepustakaan, buku – buku, dokumentasi, sumber – sumber lain yang berhubungan dengan pengujian kendaraan bermotor,serta keterangan lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan yang digunakan sebagai pendukung data primer, meliputi : 1) Peta wilayah administrasi pada Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng 2) Jumlah kendaraan bermotor wajib uji 3) Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan pengujian 4) Struktur organisasi di Unit Pengelola pengujian Kendaraan bermotor Ujung Menteng 5) Dokumen persyratan Uji pertama, Uji berkala, Numpang uji, Mutasi, Rubah bentuk 6) Kondisi existing jumlah tenaga penguji dan wewenang tugas di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng 7) Data kompetensi penguji di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng 8) Peraturan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta tentang Standar Operasional Prosedur Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor 9) Jumlah, Jenis dan Spesifikasi alat uji yang ada 10) Jadwal perawatan dan pemeliharaan serta perbaikan sarana dan prasaran di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng meliputi perawatan mingguan, bulanan, dan tahunan selama 3 tahun terakhir. Setalah melakukan pengamatan secara langsung pada pelaksanaan kegiatan pengujian di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Ujung Menteng melalui kegiatan praktek kerja lapangan yang dilaksanakan selama kurang lebih 3 minggu, penulis melihat berbarapa permasalah yang terdapat di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Ujung Menteng yang pada bagian ini penulis khusus mengamati permasalahan dibagian administrasi yaitu pada ruang penyimpanan kartu induk pemeriksaan ada bebarapa permasalahan yang terdapat di ruang penyimpanan kartu induk yang berpengaruh terhadap layanan pelaksanaan pencarian kartu induk. Adapun permasalahan yang terdapat pada ruang penyimpanan kartu induk yang penulis amati adalah sebagai berikut : 1. Ruang penyimpanan kartu induk yang kurang teratur dan belum tertata sehingga menghabat proses pencarian kartu induk. 2. Penyimpanan kartu induk pada rak penyimpanan kartu induk yang belum sistematis dan belum disusun berkelompok serta tidak adanya kode khusus pada rak sebagai penanda khusus sehingga petugas kesulitan dalam proses pencarian kartu induk. 3. Layanan pencarian kartu induk masih dilakukan secara manual dengan SDM pegas diruang penyimpanan kartu induk yang terbatas sehingga proses pencarian kartu menjadi lama dan tidak efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: SISTEM PENYIMPANAN, PENCARIAN KARTU INDUK PEMERIKSAAN BERBASIS “OPAC”, PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Depositing User: PRODI PKB DII
Date Deposited: 08 Mar 2021 04:12
Last Modified: 08 Mar 2021 07:57
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item