MUHAMMAD THORIQ ARRAHMAN, THORIQ (2022) PENATAAN LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR KEPUTRAN KOTA SURABAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA_STTD.
![]() |
Text
MUHAMMAD THORIQ ARRAHMAN 1801208.pdf Download (10MB) |
Abstract
Pasar Keputran adalah pasar pusat sayur-mayur terbesar yang berada di Kota Surabaya tepatnya di Kelurahan Keputran, Kecamatan Tegalsari, Surabaya Pusat. Letaknya yang berada di tengah kota menyebabkan tingginya volume lalu lintas di kawasan Pasar Keputran. Selain itu, pengguanaan badan jalan untuk memarkirkan kendaraan, lapak pedagang kaki lima dan kegiatan bongkar muat menyebabkan timbulnya permasalahan lalu lintas berupa kemacetan lalu lintas. Untuk mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut perlu dilakukan penataan lalu lintas untuk meningkatkan kinerja lalu lintas di wilayah studi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kinerja lalu lintas saat ini, analisis parkir, analisis pejalan kaki dan analais bongkar muat. Analisis menggunakan data primer yang didapat dari hasil observasi dari lapangan dan data sekunder yang didapat dari beberapa instansi terkait, jurnal, maupun sumber lain yang dapat menjadi pedoman dalam memecahkan permasalahan di wilayah studi. Kinerja jaringan jalan saat ini pada penelitian ini menggunakan aplikasi PTV Vissim 9. Setelah itu dilakukan usulan penataan lalu lintas yang menjadi rekomendasi dari pemecahan masalah pada penelitian ini. Parameter kinerja jaringan jalan yang digunakan yaitu tundaan rata-rata, kecepatan jaringan, total jarak yang ditempuh, dan total waktu perjalanan. Adapun rekomendasi dari permasalahan pada penelitian ini yaitu pemindahan parkir on street ke off street, manajemen sistem satu arah, pengaturan jam operasi bongkar muat pada jam sibuk, pengadaan fasilitas pejalan kaki, penertiban pedagang kaki lima, dan penyertaan rambu lalu lintas. Dengan penerapan usulan penataan lalu lintas seperti yang dikaji dalam penelitian ini, kinerja jaringan jalan kawasan Pasar Keputran Kota Surabaya meningkat. Kinerja jaringan yang dihasilkan tersebut memiliki tundaan rata-rata 91,67 detik, kecepatan jaringan 33,82 km/jam, total jarak perjalanan 13746,34 kend-km, dan total waktu perjalanan 406,46 kend-jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Jaringan Jalan, Parkir, Pejalan Kaki, Kegiatan Bongkar Muat, Aplikasi Vissim |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.12 |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 07:25 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 07:25 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/2333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |