NADYA IFFAT PUTRI ARISKA, NADYA and URIANSAH PRATAMA, URIANSAH PRATAMA and MEGA SURYANDARI, MEGA SURYANDARI (2022) PENINGKATAN KESELAMATAN PADA JPL 93 LINTAS PORONG-BANGIL. PENINGKATAN KESELAMATAN PADA JPL 93 LINTAS PORONG-BANGIL, 1 (1). pp. 1-11.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Perlintasan sebidang antara stasiun Porong–Bangil sebagian besar merupakan perlintasan sebidang resmi tidak dijaga. Perlintasan sebidang pada lintas Porong–Bangil ini sangat rawan kecelakaan dikarenakan tingginya volume Lalu Lintas Harian (LHR) dan frekuensi KA namun tidak diimbangi I. Pendahuluan Moda transportasi kereta api merupakan moda transportasi yang memiliki tingkat efesiensi yang tinggi. Kereta api memiliki kapasitas yang tinggi untuk dapat menampung banyak penumpang. Menurut PP 56 Tahun 2009, jalur kereta api adalah jalur yang terdiri atas rangkaian petak jalan rel yang meliputi ruang manfaat jalur kereta api, ruang milik jalur kereta api, dan ruang pengawasan jalur kereta api, termasuk bagian atas dan bawahnya yang diperuntukkan bagi lalu lintas kereta api. Perpotongan antara jalur kereta dengan jalan disebut dengan perlintasan sebidang (SK Dirjen Hubdat NO. 770 Tahun 2005). Perlintasan sebidang ialah perpotongan sebidang antara jalan raya dengan jalan rel. Perlintasan sebidang merupakan titik rawan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan terutama di perlintasan yang tidak dijaga. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko yang timbul akibat adanya perlintasan sebidang ini maka dibuat pintu perlintasan sebidang yang dijaga oleh penjaga pintu perlintasan sebidang. Hal ini berfungsi untuk mengamankan kondisi jalan raya jika terdapat kereta yang akan melintas pada perlintasan sebidang tersebut. Perlintasan sebidang terdapat tiga jenis yaitu perlintasan sebidang resmi dijaga, resmi tidak dijaga, dan dengan adanya penjagaan dan kelengkapan rambu. Pengguna jalan yang melewati perlintasan sebidang di lintas Porong–Bangil juga kurang mengutamakan keselamatan. Selama 5 tahun terakhir jumlah kecelakaan yang terjadi pada perlintasan sebidang di antara stasiun Porong– Bangil sudah mencapai 20 kecelakaan. Kecelakaan terbanyak terjadi di JPL 93 yaitu sebanyak 6 kecelakaan. Peningkatan keselamatan pada JPL 93 lintas Porong-Bangil dilakukan melalui survei kelembagaan dan survei lapangan untuk mendapatkan data sekunder dan primer yang digunakann sebagai dasar kajian peningkatan keselamatan pada jpl 93 lintas Porong-Bangil. Poin-poin utama yang termasuk dalam analisis ini adalah analisis kinerja lalu lintas, analisis kelengkapan fasilitas jalan, analisis karakteristik pengguna jalan, dan analisis risiko menggunakan metode HIRARC (Hazard Identification Risk Assessment And Risk Control). Hasil analisis Peningkatan keselamatan pada JPL 93 lintas porong-bangil menunjukkan bahwa kondisi volume LHR dan SMPK belum melebihi standar yakni untuk arah Jalan Raya pantura – Jalan Yonkav sebesar 7786,17 smpk dan arah Jalan Yonkav - Jalan Raya Pantura sebesar 8202,5 smpk. Rate of accident pada JPL 93 terbesar pada tahun 2019 yakni 0,95. Penilaian risiko JPL 93 lintas Porong-Bangil menunjukkan bahwa terdapat 4 potensi bahaya ekstrim dan 1 potensi bahaya rendah. Peningkatan keselamatan pada JPL 93 untuk jangka pendek yakni dengan cara pemenuhan standar pelayanan minimum serta rekayasa lalu lintas dengan membuat median dan teluk jalan. Sedangkan untuk jangka panjang yakni dilakukankannya pembangunan underpass.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Keselamatan, dan JPL. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TF Railroad engineering and operation Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian |
Depositing User: | Perkeretaa MTP 1.2 |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 13:03 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 13:03 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/2715 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |