PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN KAWASAN PASAR ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG

NANDA NURHALIZA, NANDA and Subarto, ATD, MM, Subarto and Sugita, SE, MM, Sugita (2022) PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN KAWASAN PASAR ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG. PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN KAWASAN PASAR ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG, 1 (1). pp. 1-14.

[img] Text
Nanda Nurhaliza_1902262_jurnal.pdf

Download (351kB)
Official URL: http://digilib.ptdisttd.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pasar ulujami adalah salah satu daerah yang memiliki arus lalu lintas tinggi karena letaknya berada di perbatasan antara Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Pekalongan memiliki 3 ruas jalan yaitu Jalan Ulujami 1, jalan Ulujami 2 dan Pasar Ulujami. Kinerja ruas pada Kawasan pasar ini tidak optimal menjadikan dasar pemerintah untuk meningkatkan kinerja ruas jalan yang ada pada Kawasan pasar Ulujami ini dengan memindahkan parkir On street sepeda motor yang ada pada ruas jalan Ulujami 2 dan jalan Pasar Ulujami ke parkir Off street pada jalan Pasar Ulujami, melakukan pemberlakuan larangan parkir mobil pada jam sibuk diruas jalan Ulujami 1 serta merencanakan pembangunan fasilitas pejalan kaki yang menyusuri maupun menyeberang. Kinerja ruas jalan pada jalan ulujami 1 meningkat dengan analisis kinerja ruas, karakteristik parkir hingga pemindahan parkir serta analisis fasilitas pejalan kaki meningkat dengan VC Ratio 0,71 menjadi 0,71 untuk indikator kepadatan 35 smp/km menjadi 34 smp/km serta kecepatan sebelum usulan 26 km/jam menjadi 29 km/jam pada ruas jalan Ulujami 2 VC Ratio pada jalan ini sebelum usulan 0,69 menjadi 0,45 dengan kepadatan 33 smp/km menjadi 25 smp/km serta kecepatan sebelum usulan 27 smp/km dan pada ruas jalan Pasar Ulujami memiliki VC Ratio 0,83 setelah usulan 0,42, kepadatan sebelum 69 smp/km sesudah usulan menjadi 46 smp/km serta memiliki kecepatan 16 km/jam menjadi 22 km/jam. Kata Kunci : Kinerja ruas jalan, parkir, dan pejalan kaki. Abstract Ulujami market is one area that has high traffic flow because it is located on the border between Pemalang Regency and Pekalongan Regency. It has 3 roads, namely Jalan Ulujami 1, Jalan Ulujami 2 and Ulujami Market. The performance of segments in this market area is not optimal, making the government's basis for improving the performance of existing roads in the Ulujami market area by moving the On-street motorcycle parking on Ulujami 2 Street and Ulujami Market Street to Off-street parking on Pasar Ulujami Street, Implementing a ban on car parking during rush hour on Jalan Ulujami 1 and planning the construction of pedestrian facilities along and across. The performance of the road on Jalan Ulujami 1 increases with the analysis of segment performance, parking characteristics to parking transfers and analysis of pedestrian facilities increasing with the VC Ratio from 0.71 to 0.71 for the density indicator from 35 smp/km to 34 smp/km and the speed before the proposal. 26 km/hour to 29 km/hour on the Ulujami 2 VC Ratio road on this road before the proposed 0.69 to 0.45 with a density of 33 pcu/km to 25 pcu/km and the speed before the proposed 27 pcu/km and on the Pasar Ulujami road has a VC Ratio of 0.83 after the proposed 0.42, the density before 69 pcu/km after the proposal becomes 46 pcu/km and has a speed of 16 km/hour to 22 km/hour. Keywords: Performance of roads, parking, pedestrians, and loading and unloading.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja ruas jalan, parkir, dan pejalan kaki
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: LLAJ MTJ 1.8
Date Deposited: 02 Jan 2023 13:40
Last Modified: 02 Jan 2023 13:40
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/3467

Actions (login required)

View Item View Item