OPTIMALISASI KINERJA LALU LINTAS JALAN SRIWIJAYA AKIBAT KEBERADAAN PASAR ANTRI BARU DI KOTA CIMAHI

ARIEF HIDAYAT, ARIF (2022) OPTIMALISASI KINERJA LALU LINTAS JALAN SRIWIJAYA AKIBAT KEBERADAAN PASAR ANTRI BARU DI KOTA CIMAHI. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
KKW ARIEF HIDAYAT_1902051_MTJ 3.4_D3 MTJ.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.ptdisttd.ac.id/

Abstract

Jalan Sriwijaya ini terletak di pusat kota. Sejalan dengan berkembangnya perdagangan dan jasa di Kota Cimahi, pasar antri baru menjadi pusat kegiatan yang ramai dikunjungi. Pasar antri baru merupakan salah satu pusat tarikan di Kota Cimahi. Dikarenakan adanya kendaraan kendaraan yang parkir di badan jalan karena tidak memiliki parkir on street sehingga mengakibatkan kapasitas jalan menjadi turun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Menganalisis pola kegiatan di kawasan pasar dan kinerja ruas Jalan Sriwijaya saat ini. (2) Mengidentifikasi permasalahan karakteristik dari pejalan kaki di ruas Jalan Sriwijaya. (3) Mengidentifikasi kondisi parkir pada ruas Jalan Sriwijaya. Pengumpulan data diperoleh melalui survei di lapangan dan parameternya meliputi: Kondisi Geometrik, Kondisi lalu lintas, dan Kondisi lingkungan. Instrumen pengumpulan data menggunakan bantuan berupa formulir survei, alat tulis, jam dan roll meter. Dari hasil penelitian dan pembahasan Berdasarkan hasil analisis, untuk fasilitas menyusuri yaitu melakukan pengadaan trotoar dengan lebar 1,5 meter pada masing-masing sisi ruas dan untuk fasilitas menyeberang usulan yang diberikan berupa Zebracross. Untuk rekomendasi berupa pemindahan parkir dari on-street parking menjadi off street parking dan penyediaan fasilitas pejalan kaki. Setelah dilakukan perbandingan sebelum dan sesudah penerapan rekomendasi, diperoleh peningkatan kinerja dari Ruas Jalan Sriwijaya sebagai berikut: Kapasitas jalan dari 2511,38 smp/jam menjadi 2946,90 smp/jam. V/C Ratio dari 0,60 menjadi 0,51. Kecepatan dari 25,98 km/jam menjadi 43,78 km/jam. Kepadatan dari 59,12 smp/km menjadi 34,32 smp/jam. Tingkat Pelayanan tetap C namun terjadi penurunan dari tingkat pelayanannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kinerja Ruas Jalan, Penataan Parkir, Fasilitas Pejalan Kaki
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: LLAJ MTJ 1.4
Date Deposited: 02 Jan 2023 13:43
Last Modified: 02 Jan 2023 13:43
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/3527

Actions (login required)

View Item View Item