IQBAL AZHAR ROMIDHAN, IQBAL and YANUAR DWI HERDIYATNO, YANUAR DWI HERDIYATNO and EDI SANTOSA, EDI (2023) MANAJAMEN REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN MALL MAYASARI KOTA TASIKMALAYA. Diploma thesis, UNSPECIFIED.
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (540kB) |
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (146kB) | Request a copy |
![]() |
Text (ANALISIS DATA)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (METODELOGI PENELITIAN)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (883kB) | Request a copy |
![]() |
Text (KAJIAN PUSTAKA)
BAB III.pdf Download (745kB) |
![]() |
Text (GAMBARAN UMUM)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf Download (316kB) |
Abstract
Mall Mayasarai Kota Tasikmalaya adalah salah satu mall besar pertama di Kota Tasikmalaya yang berada di jalan Pasar Wetan, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya. Mall Mayasari adalah kawasan dengan tingkat perjalanan yang tinggi karena tata guna lahan di kawasan ini merupakan pusat perdagangan serta sering diselenggarakannya event-event besar di area Mall Mayasari. Sehingga pergerakan masyarakat menjadi meningkat tetapi tidak diimbangi dengan ketersediaan ruas-ruas jalan sebagai prasarana transportasi yang baik yang menyebabkan tingkat pelayanan jaringan jalan menjadi kurang baik. Hal ini pada akhirnya akan mempengaruhi kinerja lalu lintas di kawasan Mall Mayasari dan dapat menimbulkan kemacetan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kinerja jaringan jalan, analisis parkir, dan analisis pejalan kaki. Analisis dilakukan dengan menggunakan dua data yaitu data primer dan sekunder, dimana data primer didapatkan dari survei lapangan dan data sekunder didapatkan dari instansi terkait. Kemudian analisis kinerja jaringan jalan dilanjutkan dengan permodelan transportasi aplikasi Vissim, data yang digunakan adalah data volume, kecepatan, dan kepadatan. Hasil dari Aplikasi Vissim akan dikalibrasikan menggunakan paramater Driving Behaviour dan divalidasi menggunakan rumus Geoffrey E. Havers. Paramater yang digunakan untuk kinerja jaringan jalan yaitu tundaan rata-rata, kecepatan jaringan, total jarak tempuh, dan total waktu perjalanan. Usulan terbaik untuk meningkatkan kinerja jaringan jalan adalah dengan perekayasaan lalu lintas dengan merubah fase APILL, pengadaan parkir off street, pengadaan fasilitas pejalan kaki, pemberdayaan dan pengawasan pedagang kaki lima yang berjualan di badan jalan dan trotoar, serta pengaturan jam operasional angkutan barang dan aktifitas bongkar muat. Dengan penerapan usulan yang ada, terjadi peningkatan kinerja jaringan jalan di Kawasan Mall Mayasari Kota Tasikmalaya. Dengan tundaan rata-rata 15,71 detik, kecepatan jaringan 35 km/jam, total jarak tempuh 2317 km, dan total waktu perjalanan 107 jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MACET, KINERJA JARINGAN JALAN, PARKIR, PEJALAN KAKI, APLIKASI VISSIM |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.8 |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 02:47 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 01:02 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/3871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |