MANAJEMEN AKSES FRONTAGE ROAD SEGMEN GEDANGAN-BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO

RIZA QUR'ANI, RIZA and MASRONO YUGIHARTIMAN, MASRONO YUGIHARTIMAN and ANDI PUTRA JAYA, ANDI PUTRA JAYA (2023) MANAJEMEN AKSES FRONTAGE ROAD SEGMEN GEDANGAN-BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB 2 GAMBARAN UMUM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3 TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB 4 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 ANALISIS DAN PEMECAHAN MASALAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (247kB)

Abstract

Kabupaten Sidoarjo merupakan Kabupaten yang sedang berkembang ditandai dengan pembangunan Frontage Road sesuai dengan Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188 Tahun 2014 tentang Penetapan Lokasi Pembangunan Frontage Road (Jalan Pendamping) Waru-Buduran Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk membatasi akses keluar masuk pada Frontage Road sehingga mengurangi titik konflik dan meningkatkan perjalanan yang aman dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode analisisi jarak pada setiap akses dan metode analisis kinerja jaringan jalan dengan menggunakan PTV VISSIM. Hasil dari penelitian ini yaitu pembatasan akses dari 8 akses menjadi 3 akses dan pengurangan titik konflik dari 126 titik konflik menjadi 45 tititk konflik. Selain itu hasil penelitian ini yaitu peningkatan kinerja jaringan jalan dengan terjadi penurunan waktu tempuh perjalanan dari 3664,53 detik menjadi 2673,07 detik, penurunan jarak tempuh perjalanan dari 20069,29 km menjadi 17835,22 km, peningkatan kecepatan jaringan jalan 30,93 km/jam menjadi 32,54 km/jam, penurunan konsumsi BBM dari 13.318.850.000 menjadi 11.835.954.546, peningkatan kecepatan rata-rata dari 30,9 km/jam menjadi 39,42 km/jam. Meningkatkan efisiensi, penghematan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) sebesar 9.633.826,50 sehingga terjadi penghematan Biaya Perjalanan sebesar 1.482.895,454 / tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Frontage Road, Akses, Titik Konflik, Efisiensi, Kabupaten Sidoarjo, Kinerja Jaringan, Vissim
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.10
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:56
Last Modified: 07 Sep 2023 07:56
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4193

Actions (login required)

View Item View Item