PERENCANAAN ANGKUTAN FEEDER UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PERKOTAAN KOTA YOGYAKARTA

RAHMAT HIDAYAT, RAHMAT (2023) PERENCANAAN ANGKUTAN FEEDER UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PERKOTAAN KOTA YOGYAKARTA. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II GAMBARAN UMUM.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB III KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2028.

Download (506kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V ANALISIS DATA DAN PEMECAHAN MASALAH.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2028.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2028.

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 September 2028.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi saat ini pelayanan angkutan perkotaan di Kota Yogyakarta masih belum terlayani secara keseluruhan. Cakupan pelayanan angkutan umum masih rendah yaitu 44,9%, rendahnya load factor, rendahnya aksesibilitas untuk mendapatkan angkutan umum, jarak berjalan kaki masyarakat untuk menuju ke tempat pelayanan angkutan umum masih jauh yaitu 4,17 Km serta tingginya penggunaan kendaraan pribadi. Tujuan penelitian ini yaitu: menganalisis permintaan angkutan feeder, kinerja operasional angkutan perkotaan saat ini, rute angkutan feeder, kinerja operasional angkutan feeder dan jenis armada feeder. Perencanaan angkutan feeder di Kota Yogyakarta dilakukan dengan metode All or Nothing perjalanan dibebankan berdasarkan faktor jarak terpendek dan waktu tersingkat. Kemudian dilakukan penentuan rute angkutan feeder, analisis kinerja operasional, jumlah kebutuhan armada, jenis armada. Dari hasil analisis yang dilakukan terdapat permintaan angkutan umum saat ini yaitu 15.726 perjalanan orang/hari, dengan rute rencana feeder yaitu 5 rute yang melayani kawasan permukiman dan menghubungkan ke halte angkutan perkotaan. Rute 1 dengan jarak 3,2 Km, rute 2 dengan jarak 2,4 Km, rute 3 dengan jarak 2,4 Km, rute 4 dengan jarak 2,4 Km dan rute 5 dengan jarak 2,3 Km. Untuk jenis armada feeder yang sesuai yaitu MPU dengan kapasitas 8 orang. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat 5 rute angkutan feeder yang dipilih dari pola perjalanan masyarakat yang menggunakan angkutan umum. Kebutuhan armada masing-masing rute rencana yaitu 1 unit MPU yang didasari dari permintaan pengguna angkutan feeder saat ini. Waktu sirkulasi perjalan masing-masing rute angkutan feeder: rute 1 yaitu 21,1 menit, rute 2,3 dan 4 yaitu 15,8 menit dan rute 5 yaitu 15,2 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perencanaan angkutan feeder, perencanaan angkutan umum, transportasi umum, integrasi transportasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.6
Date Deposited: 07 Sep 2023 05:16
Last Modified: 07 Sep 2023 05:16
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4209

Actions (login required)

View Item View Item