PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE Z-SCORE DI RUAS JALAN ADI SUCIPTO SEGMEN II DI KOTA SURAKARTA

SIPAHUTAR, TIA and PUNGKAS HENDRATMOKO, PUNGKAS and URIANSAH PRATAMA, URIANSAH PRATAMA (2023) PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE Z-SCORE DI RUAS JALAN ADI SUCIPTO SEGMEN II DI KOTA SURAKARTA. PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE Z-SCORE DI RUAS JALAN ADI SUCIPTO SEGMEN II DI KOTA SURAKARTA, 1 (1,2,3). pp. 1-10.

[img] Text (JURNAL PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE Z-SCORE DI RUAS JALAN ADI SUCIPTO SEGMEN II DI KOTA SURAKARTA)
JURNAL TIA SIPAHUTAR.pdf

Download (741kB)

Abstract

Kota Surakarta sebagai salah satu kota dengan perkembangan yang cukup pesat, dengan jumlah penduduk yang bertambah dari hari ke hari menyebabkan peningkatan pengguna jalan dan volume lalu lintas, sehingga perlu penanganan serius terhadap kondisi kinerja ruas jalan guna mewujudkan kegiatan lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, cepat, lancar tertib, nyaman dan efisien. Berdasarkan Hasil Analisis Laporan Umum PKL Kota Surakarta, 2022 dari hasil survei spot speed persentil 85 ditemukan banyak kendaraan yang melehi batas kecepatan dan belum dilengkapi rambu batas kecepatan serta marka pengurai kecepatan sehingga dapat berpotensi terjadinya kecelakaan. Dampak dari kecelakaan lalu lintas akan meningkatkan rasio kemiskinan karena menimbulkan biaya perawatan, kehilangan produktivitas, kehilangan 3 pencari nafkah dalam keluarga yang mengakibatkan stress, trauma, dan penderitaan yang berkelanjutan. Data primer meliputi Data Inventarisasi Ruas Jalan dan geometrik jalan Data yang dikumpulkan dengan cara survei inventarisasi ruas jalan ini antara lain data kelengkapan marka jalan, jumlah rambu dan kelengkapannya, luasan jalan rusak, jumlah lampu penerangan jalan beserta kondisinya, ketersediaan kondisi trotoar, ketersediaan dan kondisi drainase, dan hambatan samping jalan. Data yang dikumpulkan dengan cara survei inventarisasi ruas jalan ini antara lain data geometrik jalan dan fasilitas perlengkapan jalan. Sedangkan data sekunder meliputi, Data Kecelakaan Lalu Lintas Data tersebut diperoleh dari Satlantas Polresta Surakarta yaitu data kecelakaan selama 5 tahun terakhir (2017 – 2021). Data Peta Jaringan Jalan Data ini diperoleh dari Laporan Umum PKL Kota Surakarta, 2022, Data Kronologi Kecelakaan Lalu Lintas Data ini diperoleh dari Satlantas Polresta Surakarta. Faktor penyebab terjadinya kecelakaan di Jalan Adi Sucipto Segmen II di dominasi oleh faktor manusia dan prasarana. Kecelakaan dari faktor manusia dikarenakan masih ada pengemudi yang berkendara dengan kecepatan tinggi melebihi kecepatan rencana sebesar 60 km/jam dan kurang waspada saaat berkendara. Dari faktor prasarana masih ada kondisi jalan yang terdapat jalan berlubang pada beberapa titik, terdapat beberapa lampu penerangan jalan yang dalam kondisi kurang baik, dan kurangnya jumlah lalu lintas yang ada serta kondisi. Pada hasil analisis prasarana masih ada beberapa titik jalan yang berlubang pada Jalan Adi Sucipto Segmen II, untuk hasil analisa perlengkapan jalan yaitu terhadap rambu lalu lintas pada Jalan Adi Sucipto Segmen II sangat minim adanya rambu lalu lintas, dan pada lapangan ada beberapa rambu yang sudah pudar dan rusak. Hal ini belum memenuhui sebagai jalan yang berkeselamatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Faktor penyebab terjadinya kecelakaan, peningkatan, analisis Z-Score
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.14
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:47
Last Modified: 10 Jan 2024 06:47
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4336

Actions (login required)

View Item View Item