MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN ALUN-ALUN KABUPATEN LUMAJANG

AYU PUTRI NOPITA, AYU and Gloriani Novita Christin, Gloriani Novita Christin and ATALINE MULIASARI, ATALINE MULIASARI (2023) MANAJEMEN DAN REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN ALUN-ALUN KABUPATEN LUMAJANG. Diploma thesis, PTDI-STTD.

[img] Text (Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Alun-alun Kabupaten Lumajang)
Halaman Cover.pdf
Restricted to Registered users only until December 2030.

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (191kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (576kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (461kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (122kB)

Abstract

Kawasan Alun-alun Kota Lumajang merupakan Kawasan denga pemanfaatan tata guna lahan berupa perkantoran, pertokoan, dan fasilitas umum yang tentunya akan didominasi kegiatan bekerja, dan berjualan. Hal ini, membuat timbulnya parkir on street dan pedagang kaki lima yang menggangu ruang lalu lintas. Dengan kondisi yang demikian, timbul permasalahan lalu lintas berupa kemacetan lalu lintas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan beberapa usulan penanganan masalah yang sesuai dengan lokasi studi untuk meningkatkan kinerja ruas jalan. Penelitian dilakukan dengan analisis perhitungan MKJI yaitu analisis kinerja ruas dan kinerja simpang dan melakukan pemodelan dengan aplikasi Vissim. Selain itu, analisis parkir on street serta dilakukan analisis pejalan kaki. Pada tahap perhitungan kinerja jalan eksisting maupun penanganan,aspek yang dikaji meliputi tundaan rata – rata, kecepatan jaringan, jarak total yang ditempuh, total waktu perjalanan, dan Opportunity cost yang menjadi pembanding antara kinerja jaringan jalan eksisting maupun penanganan yang diusulkan. Dari hasil analisis yang didapatkan,dapat dilihat kinerja jarigan jalan pada kondisi eksisting tahun 2022 yaitu tundaan rata – rata 56,11 detik, kecepatan jaringan 16,5 Km/jam, total jarak perjalanan 6193,99 smp.km, total waktu perjalanan 375,43 SMP.jam, dan Opportunity cost Rp.0. Sedangkan untuk hasil penanganan terbaik yaitu tundaan rata – rata 9,98 detik, kecepatan jaringan 28,79 Km/jam, total jarak perjalanan 6582,95 SMP.km, total waktu perjalanan 228,65 SMP.jam, dan Opportunity cost Rp. 2.652.325.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Rekayasa Lalu Lintas, Vissim, Kinerja Jaringan Jalan, Tundaan rata rata, Kecepatan Jaringan, Total Jarak Perjalanan, Total Waktu Perjalanan, Opportunity cost
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.10
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:43
Last Modified: 10 Jul 2024 03:43
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4619

Actions (login required)

View Item View Item